alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Israel Klaim Serangannya Kenai Sasaran, Suriah Sebut Dipatahkan

Kurniawan Eka Mulyana
Israel Klaim Serangannya Kenai Sasaran, Suriah Sebut Dipatahkan
Militer Israel mengklaim serangannya di Suriah mengenai sasaran Iran. Pernyataan itu muncul ketika media Suriah mengatakan sebagian besar rudal ditembak jatuh. Foto: Istimewa/Facebook

DAMASKUS - Militer Israel mengklaim serangannya di Suriah mengenai sasaran Iran. Pernyataan itu muncul ketika media Suriah mengatakan sebagian besar rudal ditembak jatuh oleh pertahanan udara pemerintah.

"Kami telah mulai menyerang sasaran-sasaran Qud Iran di wilayah Suriah. Kami memperingatkan Angkatan Bersenjata Suriah agar tidak berusaha membahayakan pasukan atau wilayah Israel," kata militer Israel dalam sebuah pernyataan, Senin (21/1/2019) pagi, seperti dilansir Aljazeera.

Pasukan Quds bertanggung jawab atas operasi Penjaga Revolusi Iran di luar negeri. Iran adalah pendukung utama Presiden Suriah Bashar al-Assad dan pasukannya dalam perang yang telah berlangsung lama di negara itu.



Harry Fawcett dari Al Jazeera, melaporkan dari Eilat di Israel selatan, mengatakan konfirmasi militer Israel bahwa mereka menyerang sasaran di dalam wilayah Suriah karena operasi yang sedang berlangsung itu "sangat tidak biasa".

Laporan kantor berita mengutip para saksi di ibukota Suriah, Damaskus, yang mengatakan bahwa ledakan keras terdengar di langit malam.

Video yang diposting ke media sosial dimaksudkan untuk menunjukkan rudal dicegat di dekat kota.

Kantor berita pemerintah Suriah SANA mengatakan pertahanan udara militer negara itu menggagalkan "target bermusuhan" pada Minggu malam dan menembak jatuh beberapa dari mereka, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Serangan itu mengikuti serangan lintas-perbatasan pada hari Minggu di mana Suriah mengatakan pihaknya memukul mundur serangan udara Israel.

Israel mengatakan mereka mencegat roket yang ditembakkan di Dataran Tinggi Golan yang diduduki.

Pernyataan militer itu tidak menyebutkan secara spesifik dari mana roket diluncurkan. Golan utara juga dekat dengan wilayah Lebanon.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengakui serangan Israel pekan lalu pada apa yang disebutnya sebagai cache senjata Iran di Suriah, tempat Teheran memberi Damaskus dukungan vital.

Dia mengatakan kepada kabinetnya bahwa Israel telah melakukan "ratusan" serangan selama beberapa tahun terakhir pada perang Suriah, untuk membatasi Iran dan sekutunya Hizbullah Libanon.

Fawcett mengatakan bahwa telah ada spekulasi bahwa "pencabutan kebijakan ambiguitas ini mungkin memberikan Suriah dan Iran menyebabkan serangan lebih langsung ke Israel sekarang karena Israel telah memiliki secara terbuka apa yang dilakukannya".

"Masih terlalu dini untuk mengatakan apakah ini contohnya," tambahnya.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads