Pemkot Makassar Dorong Pemulihan Ekonomi Lewat Dana CSR

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 07:48 WIB
loading...
Pemkot Makassar Dorong Pemulihan Ekonomi Lewat Dana CSR
Pemkot Makassar turut mendorong bantuan dana CSR untuk membantu pelaku UMKM yang terpuruk di masa pandemi. Foto: Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Program pemulihan ekonomi tak mesti harus dibebankan melalui APBD. Pelibatan perusahaan lewat dana CSR juga terus di dorong Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar .

Dewan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TSLP) Kota Makassar mulai menyusun program. Pemulihan ekonomi bagi pelaku UMKM menjadi fokus utama. Apalagi, masyarakat menengah ke bawah paling terdampak pandemi.



Tidak sedikit pekerja yang dirumahkan bahkan di PHK. Begitu pula bagi pelaku UMKM banyak mengalami persoalan, mulai dari penurunan omset penjualan, permodalan, produksi menurun, PHK buruh, hingga penutupan usaha.

"Jadi kita mau dorong pertumbuhan ekonomi dengan membuat program yang lebih banyak membantu pelaku UMKM. Jadi masyarakat menengah ke bawah dulu yang kita perbaiki," kata Anggota Dewan TSLP Kota Makassar, Affandy Agusman, kemarin.

Menurut dia, pelaku UMKM memiliki andil yang cukup tinggi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Daeng . Sehingga perlu ada kolaborasi antara pemerintah dengan perusahaan untuk merangkul pelaku UMKM .

Apalagi, jumlah pengangguran mengalami peningkatan selama pandemi. Turun 1% dari 11% di 2019 menjadi 10% di 2020. Hal ini juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang turun menjadi 60%.

"Jadi kita mau dorong melalui pelatihan dan sertifikasi, mungkin nanti kita akan lebih fokus ke wirausaha baru," paparnya.



Progam pemulihan ekonomi, kata Affandy sementara dimaping Dewan TSLP. Program yang disusun rencananya akan didorong ke perusahaan yang memiliki dana CSR. Sehingga, program pemulihan ekonomi tidak hanya menggunakan APBD.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1230 seconds (0.1#10.140)