Wujudkan Pemulihan Ekonomi Nasional dari Desa

Minggu, 18 Oktober 2020 - 17:24 WIB
loading...
Wujudkan Pemulihan Ekonomi Nasional dari Desa
Ilustrasi. Foto: SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sulsel menggelar evaluasi pengelolaan dana desa tahun 2020 dan sosialisasi Permendes 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2021 di hotel Claro Makassar, Sabtu (17/10/2020).

Kegiatan ini dihadiri langsung Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) , Abdul Halim Iskandar. Selain itu Gubernur Sulsel yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Hayat Gani dan didampingi Kepala Dinas PMD Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo juga hadir.

Dalam sambutannya, Sekprov Sulsel , Abdul Hayat Gani mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas PMD Sulsel . Menurut dia, acara ini sangat penting sebagai upaya melakukan perbaikan dan menetapkan kebijakan terkait pengembangan desa di tahun mendatang.



"Kegiatan ini bagaimana mencari kesamaan pola tindak yang sama di desa. Makanya kemasannya dalam bentuk evaluasi dan sosialisasi. Kenapa kita evaluasi, karena pimpinan kita selalu ingin mendapatkan input yang bagus, akurat, fakta lapangan. Supaya bisa diperbaiki model-model kebijakan baru tahun 2021," ujar Abdul Hayat.

Menurut dia, evaluasi pengelolaan dana desa dan sosialisasi Permendes tahun 13 tahun 2020 ini diharapkan mampu menggiring daerah untuk memperkuat program pemulihan ekonomi nasional (PEN) . Utamanya dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa. Program PEN , kata dia, harus memberi kontribusi pada ketahanan desa.

"Saya percaya kalau ketahanan desa kuat, tentu kecamatan dan kabupaten kuat, provinsi kuat dan Indonesia tangguh. Makanya tidak ada pilihan lain selain memperkuat desa," paparnya.

Abdul Hayat menuturkan, program pemulihan ekonomi yang diarahkan di desa, akan mendukung visi misi Gubernur-Wakil Gubernur Sulsel. Makanya, anggaran yang selama ini dikucurkan untuk pengembangan desa, harus dikawal dengan baik.



"Ini sangat mendukung yang namanya visi gubernur untuk Sulsel yang inovatif, produktif kompetitif, inklusif dan berkarakter. Kita ingin mengawal anggaran-anggaran yang ada ini dengan karakter yang baik," tegas Abdul Hayat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1477 seconds (0.1#10.140)