TOPIK TERPOPULER

Pemkot Makassar Usul 778 Formasi CPNS 2021

Vivi Riski Indriani
Pemkot Makassar Usul 778 Formasi CPNS 2021
SKB CPNS Pemprov Sulsel yang dilaksanakan di ruang assessment center BKD Sulsel beberapa waktu lalu. Foto: Humas Pemprov Sulsel

MAKASSAR - Pemerintah Kota (pemkot) Makassar telah mengajukan usulan kebutuhan CPNS 2021 ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Dari 778 formasi yang diusul, guru dan tenaga medis paling dibutuhkan.

Berdasarkan data yang dihimpun, khusus tenaga medis ada 231 formasi yang diusulkan. Jumlah itu meningkat pesat dibandingkan usulan pada seleksi CPNS 2019 lalu yang hanya berkisar 36 formasi.



Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar, Basri Rahman mengatakan, kebutuhan tenaga medis terus bertambah seiring dengan merebaknya virus corona di Kota Makassar.

Baca juga: Seleksi CPNS 2021 Akan Dibuka dengan Formasi Terbatas

Selain itu, ada beberapa puskesmas di Kota Makassar yang juga akan ditingkatkan statusnya menjadi rumah sakit sehingga dibutuhkan tenaga medis dan paramedis yang lebih banyak. Salah satunya, puskesmas Jumpadang Baru.

Ia pun berharap agar formasi CPNS yang diusul pemkot Makassar bisa terpenuhi seluruhnya. Mengingat pada seleksi CPNS 2019 lalu dari 511 usulan formasi yang dipenuhi mencapai 526 formasi. Ada tambahan 15 formasi dari yang diusulkan.

"Kita berharap usulan yang kita ajukan itu bisa dipenuhi sepenuhnya, khususnya tenaga kesehatan," kata Basri, kepada SINDOnews, kemarin.



Baca juga: 800 Honorer K2 di Makassar Masih Tunggu Rekrutmen PPPK

Dikatakan Basri, usulan formasi CPNS ke pusat tidak lepas dari rekomendasi Dinas Kesehatan Kota Makassar sebagai instansi teknis. Banyaknya tenaga medis yang memasuki masa pensiun serta pindah masuk dan keluar menjadi tolak ukur.

"Kalau dilihat dari total kebutuhan pasti lebih banyak dari ini, tapi kita upayakan usulan ini dulu yang dipenuhi," tuturnya.

Terpisah, Kepala Bidang Perencanaan dan Informasi Kepegawaian BKPSDM Kota Makassar, Kadir Masri mengatakan usulan CPNS 2021 untuk formasi tenaga kesehatan memang cukup banyak. Jumlahnya 231 formasi. Meningkat pesat dibandingkan formasi CPNS 2019.

"Jadi memang usulan kita untuk tenaga medis di CPNS 2021 itu lumayan banyak, 231 formasi. Itu berdasarkan usulan Dinas Kesehatan," ujar Kadir.

Baca juga: Peserta Lulus Seleksi CPNS Tapi Terlibat Parpol Otomatis Gugur

Meski begitu, lanjut Kadir, dari 778 formasi CPNS yang diusulkan paling banyak adalah formasi guru yakni 450 formasi. Kemudian, formasi tenaga medis 231 formasi, dan 97 formasi tenaga teknis.

Usulan ini bahkan sudah diajukan ke Kementrian PAN-RB sejak akhir September lalu. Hanya tinggal menunggu pengumuman sebelum seleksi CPNS 2021 resmi dibuka.

"Formasi ini sudah kita usul, kita tinggal menunggu kapan diumumkan. Jelasnya, guru dan tenaga medis itu yang paling banyak kita usul," ungkap Kadir.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!