TOPIK TERPOPULER

Pasien Sembuh Korona di Pinrang Wajib Isolasi Mandiri Sepekan

Darwiaty Dalle
Pasien Sembuh Korona di Pinrang Wajib Isolasi Mandiri Sepekan
Angka pasien sembuh yang sebelumnya terpapar positif Covid-19, kini bertambah menjadi enam orang di Kabupaten Pinrang. Foto: SINDONews.

PINRANG - Kabar baik datang dari Tim Gugus Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Pinrang. Hari ini (19/10/2020), angka pasien sembuh yang sebelumnya terpapar positif Covid-19, kini bertambah menjadi enam orang. Sehingga jumlah pasien kasus korona di Bumi Lasinrang tersisa 30 pasien.

Hal itu dikemukakan Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Pinrang, Dyah Puspita Dewi. Dia mengatakan, pasien yang sudah dinyatakan sembuh, seluruhnya telah menjalani wisata Covid di Kota Makassar. Tiga pasien dari Kecamatan Watang Sawitto, dua pasien dari Kecamatan Suppa, dan satu pasien asal Kecamatan Lanrisang.



Terkait pasien yang telah sembuh, kata Dyah, masih disarankan agar tetap menjalani isolasi mandiri selama sepekan, dengan menerapkan hal-hal yang didapatkan sebagai duta Covid. "Sekaligus menyampaikan hal-hal positif terkait penanganan dan pencegahan korona pada seluruh anggota keluarga," katanya.

Baca Juga: Pasien Positif COVID-19 Pinrang Bertambah 15 Orang

Gaya hidup sehat selama mengikuti wisata Covid, lanjut Dyah, diimbau pihaknya pada seluruh pasien yang telah sehat, agar tetap diteruskan dalam lingkungan keluarga. "Bahkan kalau bisa, berbagi ilmu pada masyarakat sekeliling, dan terutama keluarga," harapnya.

Masih rentannya penyebaran virus korona dalam wilayah Pinrang, tambah Dyah, perlu kerjasama dan partisipasi seluruh elemen masyarakat, dengan patuh pada imbauan pemerintah terkait protokol kesehatan (prokes).

Menurut Dyah, yang tak kalah penting adalah tetap gunakan masker, jaga jarak, hindari kerumunan, dan sering melakukan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sebagai salah satu upaya pencegahan Covid-19. "Dan jaga imunitas dengan makan dan istirahat yang cukup," ujarnya.



Baca Juga: Haerul, Montir Asal Pinrang Akan Buat Pesawat Ultralight Berstandar

Terkait ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) dan kesiapan tenaga medis, Dyah menyebutkan, hingga kini tenaga medis yang terpapar di Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Ujung Lero, Kecamatan Suppa, beberapa diantaranya sudah sembuh dan mulai menjalani aktifitas pelayanan kesehatan seperti biasa. "Ketersediaan APD masih mencukupi dan belum lama ini telah kita distribusikan lagi tambahan ke seluruh PKM yang tersebar di 12 kecamatan," tandasnya.

Baca Juga: Total 289.243 Orang Sembuh, Rata-rata Kesembuhan COVID-19 Tembus 79,2%



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!