Siap-siap! 2.971 Pelaku Usaha Maros Bakal Terima BLT UMKM

Senin, 19 Oktober 2020 - 19:30 WIB
loading...
Siap-siap! 2.971 Pelaku Usaha Maros Bakal Terima BLT UMKM
Sebanyak 2.971 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Maros, akan menerima bantuan usaha sebesar Rp2,4 juta dari pemerintah. Foto: Ilustrasi.
A A A
MAROS - Sebanyak 2.971 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Maros , akan menerima bantuan usaha sebesar Rp2,4 juta dari pemerintah.

Sebelumnya, Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan (Kopumdag) Kabupaten Maros telah mengusulkan sebanyak 4.600 UMKM untuk menerima dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM .

Bantuan usaha ini merupakan Bantuan Presiden melalui Bantuan Produktif UMKM melalui Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia.



"Dari 5.600 pelaku UMKM di Maros, jumlah UMKM yang telah kami setorkan sebanyak 4.600 pelaku UMKM ," ujar Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kabupaten Maros, Kamaluddin, Senin (19/10/2020).

Untuk penyaluran bantuan tersebut, dilakukan langsung oleh pihak Bank BRI. Sementara Dinas Kopumdag hanya sebatas mengusulkan saja. "Yang kita lakukan hanya sebatas mengusulkan, berdasarkan data dan persyaratan administrasi yang diminta," terangnya.

Kamaluddin mengaku, pihak Kopumdag tidak mengetahui berapa jumlah UMKM yang dananya telah dicairkan. Yang pasti, kata dia, penerimaan bantuan ini akan dilakukan secara bertahap hingga bulan 12 nanti. "Untuk penerimaannya dilakukan secara bertahap hingga bulan 12 nanti," katanya.



Sementara itu, Asisten Manajer Bisnis Mikro BRI Cabang Maros, Elvis mengatakan ada sebanyak 2.971 UMKM yang dananya sudah turun. Hanya saja dana tersebut belum bisa dicairkan jika data-data mereka belum diverifikasi oleh pihak bank.

"Ada sekitar 2.971 UMKM yang akan menerima bantuan dana dari pemerintah pusat. Sebenarnya dana mereka sudah turun, hanya saja belum bisa dicairkan jika kami belum melakukan verifikasi terhadap usaha mereka," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)