Cegah Longsor Terulang, Warga Bantaran Sungai Harap Sentuhan Program Anir-Lutfi

Senin, 19 Oktober 2020 - 23:40 WIB
loading...
Cegah Longsor Terulang, Warga Bantaran Sungai Harap Sentuhan Program Anir-Lutfi
Warga curhat dan menyampaikan keresahannya bakal terjadi longsor saat memasuki musim hujan, pada tim pemenangan paslon nomor urut 4, Andi Nirawati dan Lutfi Hanafi (Anir-Lutfi).
A A A
PANGKEP - Banjir yang sering terjadi di sekitar sungai Pangkep , membuat warga yang bermukim di sekitar bantaran sungai khawatir bakal terjadi longsor . Memasuki musim penghujan kali ini, Syahrianur (37) diliputi perasaan gelisah karena rumahnya pernah terdampak longsor 2019 lalu.

Dia berharap, ada pembangunan tanggul penahan atau bronjong sungai untuk mencegah longsor terjadi. Tinggal tepat di bantaran sungai Pangkep , pedagang Jalangkote ini curhat dan menyampaikan keresahannya pada tim pemenangan paslon nomor urut 4, Andi Nirawati dan Lutfi Hanafi (Anir-Lutfi) ketika berkunjung ke rumahnya, Senin (19/10/20) siang tadi.

"Aih, jangan meki bilang, takut mi kita satu keluarga ini kalau hujan besar mi. Kita lihat mi itu tidak ada penahan bantaran sungai di bawah, kakak ji timbun terus itu biar ditambah-tambah tanahnya. Belum lagi banjir, kalau hujan mi ada 'tamu tidak diundang' naik menyeberang sampai di jalan," ungkap Syahrianur saat ditemui di rumahnya, Kelurahan Padoang Doangang, Kecamatan Pangkajene, Senin, (19/10/2020).



Kejadian yang tak terlupakan itu, kata dia, terjadi tahun lalu. Dimana setengah rumahnya direndami air termasuk longsor yang membawa seng serta perabotan rumahnya.

"Meluap ki air sungai jadi itu tenggelam setengah rumahku. Bersamaan sama banjir di Jeneponto itu. Mengungsi ka waktu itu, Itumi sepotong ji ini rumah, hanyut ki bawahnya. Baru pi itu dipondasi. Na sudah juga ditimbun tanah pakai truk besar tiga kali sama kakakku," kata ibu dua anak ini.

Dia menjelaskan, respon pemerintah sampai saat ini belum jelas. Seharusnya, lanjut dia, dibuat semacam tanggul yang sama dengan sebelah kiri sungai.

Baca Juga: Anir-Lutfi duduk sebagai kepala daerah, ada pembangunan berupa tanggul penahan di bantaran sungai Pangkep agar warga yang bermukim di sekitar lokasi, tidak waswas lagi.

Anggota tim kampanye Anir-Lutfi , Ita yang turut mengunjungi rumah Syahrianur mengatakan, pembangunan infrastruktur berupa bronjong sungai tersebut harus diadakan, mengingat tidak hanya Syahrianur yang tinggal di sekitar bantaran sungai.



"Masih ada banyak warga yang tinggal di sekitar sungai ini, dan tentu potensi bencananya serius. Kalau dilihat dari kasus ibu Syahrianur, maka kami yakinkan Anir-Lutfi bakal mengurangi rasa khawatirnya dengan mendirikan penahan bantaran sungai," kata Ita.

Dia menuturkan, Anir perempuan asli Labakkang itu telah memiliki konsep pembangunan Pangkep melalui program prioritas Infrastruktur dan Pemerintahan. "Pembangunan tersebut diawali dengan Perubahan konsep wilayah depan Kota Pangkep dimulai dari pintu gerbang Kota Pangkajene," pungkas dia.

Baca Juga: Ribuan Warga Bergabung Jadi Relawan TPS Anir-Lutfi
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)