alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pendiri Taliban Ditunjuk sebagai Kepala Kantor Politik di Qatar

Kurniawan Eka Mulyana
Pendiri Taliban Ditunjuk sebagai Kepala Kantor Politik di Qatar
Taliban menunjuk salah seorang pendirinya, Abdul Ghani Baradar, sebagai kepala kantor politik di Qatar. Pengangkatannya dilakukan saat pembicaraan dengan AS. Foto: Aljazeera

KABUL - Taliban menunjuk salah seorang pendirinya, Abdul Ghani Baradar, sebagai kepala kantor politik di Qatar. Pengangkatannya dilakukan saat pembicaraan dengan AS untuk mengakhiri 17 tahun perang Afghanistan.

Penunjukan Baradar merupakan bagian dari perombakan besar yang dilakukan saat perundingan dengan Amerika Serikat.

Penunjukan Abdul Ghani Baradar pada hari Kamis diumumkan sebagai pertemuan di Doha antara perwakilan kelompok dan utusan khusus perdamaian AS Zalmay Khalilzad yang semula dijadwalkan berlangsung selama dua hari memasuki hari keempat.



Dilansir Aljazeera, dalam sebuah pernyataan, Taliban mengatakan perombakan dalam tim mereka, termasuk gubernur bayangan baru untuk beberapa provinsi Afghanistan, "diambil untuk memperkuat dan menangani proses negosiasi yang sedang berlangsung dengan Amerika Serikat".

Tidak jelas apakah pembicaraan di ibukota Qatar itu akan dilanjutkan pada hari Jumat, atau seberapa cepat Baradar dapat bergabung dengan mereka.

"Baradar akan segera terbang ke Qatar. Dia telah diberi posisi baru karena AS ingin kepemimpinan senior Taliban untuk berpartisipasi dalam pembicaraan damai," kata seorang pejabat senior Taliban.

Bebas dari penjara
Baradar adalah satu dari empat pria yang mendirikan gerakan Taliban di Afghanistan pada tahun 1994. Ia menjabat di beberapa posisi penting ketika Taliban memerintah Afghanistan dari tahun 1996-2001.

Dia melarikan diri ke Pakistan setelah invasi AS pada tahun 2001 dan ditangkap oleh tim dari badan intelijen yang dikendalikan militer Pakistan, Inter-Services Intelligence, dan US Central Intelligence Agency di kota pelabuhan Karachi pada 2010.

Pembebasannya, menurut para pakar keamanan, adalah bagian dari perundingan tingkat tinggi yang dipimpin oleh Khalilzad dengan Taliban.

Upaya diplomatik untuk mengakhiri konflik terpanjang di Amerika Serikat semakin meningkat tahun lalu setelah penunjukan Khalilzad kelahiran Afghanistan untuk memimpin pembicaraan langsung dengan Taliban.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads