4 Langkah Menjaga Anak dari Infeksi COVID-19

Selasa, 20 Oktober 2020 - 11:01 WIB
loading...
4 Langkah Menjaga Anak dari Infeksi COVID-19
Ilustrasi. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Ada banyak langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah anak tertular virus COVID-19 . Salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang sudah direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) , seperti menjaga tangan selalu tetap bersih.

Pada dasarnya anak-anak dari segala usia bisa tertular COVID-19 . Tetapi, kebanyakan anak yang terinfeksi biasanya tidak separah orang dewasa dan beberapa di antaranya tak menunjukkan gejala sama sekali. Meskipun semua anak dapat tertular COVID-19 , mereka tidak jatuh sakit sesering orang dewasa.



Mengutip artikel di Mayo Clinic, Senin (19/10), berikut tips pencegahan COVID-19 pada anak.

1. Jaga Tangan Tetap Bersih
Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol. Tutupi mulut dan hidung dengan siku atau tisu saat batuk maupun bersin.

Buang tisu bekas dan cuci tangan. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut. Mintalah anak-anak mencuci tangan segera setelah pulang dari kegiatan di luar rumah, serta setelah pergi ke kamar mandi dan sebelum makan atau menyiapkan makanan.

2. Latih Jarak Sosial
Hindari kontak dekat dalam jarak 2 meter dengan siapa pun yang sakit atau memiliki gejala. Minimalkan perjalanan ke luar rumah. Ketika Anda pergi keluar, tinggalkan anak-anak di rumah jika memungkinkan.

Karena orang tanpa gejala dapat menyebarkan virus, jangan biarkan anak Anda bermain langsung dengan anak-anak dari rumah lain, sekalipun mereka semua dalam keadaan sehat. Jika anak Anda bermain di luar, pastikan tetap menjaga jarak 2 meter dengan orang lain.



Jangan biarkan anak Anda bermain game atau olahraga yang melibatkan peralatan bersama seperti bola basket, atau yang tidak dapat mengakomodasi jarak fisik. Tunda kunjungan langsung anak dengan orang dewasa yang lebih tua. Dorong anak untuk tetap berhubungan dengan teman dan orang yang dicintai melalui panggilan telepon atau obrolan video.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)