Selain Jokowi, Ini 7 Tokoh Indonesia yang Jadi Nama Jalan di Luar Negeri

Selasa, 20 Oktober 2020 - 15:16 WIB
loading...
Selain Jokowi, Ini 7 Tokoh Indonesia yang Jadi Nama Jalan di Luar Negeri
Lokasi President Joko Widodo Street di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Foto/KBRI Abu Dhabi
A A A
JAKARTA - Nama Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dijadikan nama jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Jalan dengan nama President Joko Widodo Street tersebut diresmikan Senin kemarin oleh anggota sekaligus Chairman of Abu Dhabi Executive Office Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

President Joko Widodo Street terletak di salah satu ruas jalan utama yang membelah Abu Dhabi National Exhibition Center (ADNEC) dengan Embassy Area, kawasan yang ditempati sejumlah Kantor perwakilan diplomatik. Nama itu menggantikan Al Ma’arid Street, jalan yang menghubungkan Jalan Rabdan dengan Tunb Al Kubra. (Baca: Presiden Joko Widodo Jadi Nama Jalan di Abu Dhabi, UEA )

Selain Jokowi, ada 7 tokoh Indonesia yang namanya abadi sebagai nama jalan di luar negeri. Berikut daftarnya;

1. Soekarno

Nama presiden pertama Indonesia sekaligus pahlawan proklamator diabadikan sebagai nama jalan di dua negara, yakni Maroko dan Mesir.

Di Rabat, Maroko, nama Jalan Soekarno ditulis Rue Soekarno. Penghormatan itu tak lepas dari peran Indonesia dalam mendukung Maroko merdeka dari pejajahan Prancis.

Sedangkan di Mesir, nama Jalan Soekarno ditulis Ahmed Sokarno Street. Proklamator kemerdekaan Indonesia ini sejatinya tidak memiliki nama depan Ahmed. Nama itu diberikan oleh para mahasiswa Indonesia di negara tersebut dengan maksud terdengar lebih islami. (Baca juga: Guru Dipenggal karena Kartun Nabi Muhammad, Imam Prancis: Kami Mohon Maaf )

2. Mohammad Hatta

Mohammad Hatta adalah wakil presiden pertama Indonesia yang juga proklamator kemerdekaan Indonesia. Namanya abadi sebagai jalan di Belanda dengan ditulis Mohammed Hattastraat.

Mohammed Hattastraat terdapat di kawasan perumahan Zuiderpolder, Haarlem, Belanda. Penamaan jalan ini sebagai bentuk penghormatan kepada Hatta yang pernah studi di negeri Kincir Angin tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)