Hati-hati, 10 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes

Senin, 19 Oktober 2020 - 23:50 WIB
loading...
Hati-hati, 10 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes
Pilihan makanan yang buruk dapat meningkatkan risiko penyakit lain bagi penderita diabetes seperti masalah jantung. Foto: Ilustrasi.
A A A
MAKASSAR - Nutrisi yang dibutuhkan oleh penderita diabetes cukup berbeda dengan orang sehat pada umumnya. Sekali seseorang didiagnosa sebagai penderita diabetes , mereka harus menjadi pemilih dalam urusan makanan. Untuk menjalani pola makan sehat, penderita diabetes harus memperhatikan setiap makanan yang mereka konsumsi.

Pola makan yang seimbang menurunkan risiko komplikasi dan membantu meningkatkan kualitas hidup penderita diabetes , serta mengelola gejalanya. Pilihan makanan yang buruk dapat meningkatkan risiko penyakit lain seperti masalah jantung. Nah, berikut ini 10 makanan yang harus dihindari penderita diabetes untuk hidup lebih sehat.

1. Kentang
Kentang memiliki kandungan pati dan indeks glikemik tinggi. Makanan dengan indeks glikemik tinggi mengandung karbohidrat yang diproses secara cepat oleh tubuh dan menyebabkan kadar gula darah meningkat dengan cepat. Konsumsi kentang yang tinggi dapat menyebabkan diabetes atau komplikasi.

2. Jagung
Jagung pada dasarnya dianggap sebagai sayuran manis. Meskipun kaya vitamin, mineral dan serat makanan, jagung dapat meningkatkan kadar glukosa bila dikonsumsi dalam jumlah besar. Konsumsi sirup jagung fruktosa tinggi bisa memicu diabetes .



3. Tepung Putih Olahan Tinggi
Tepung Putih Olahan Tinggi mengandung karbohidrat olahan yang dapat memberikan energi cepat tetapi kurang nutrisi karena terlalu banyak pemrosesan. Makanan yang dipanggang seperti kue dan muffin yang terbuat dari tepung putih harus dihindari jika Anda menderita diabetes .

4. Biji-bijian Putih
Biji-bijian Putih seperti roti putih dan pasta putih mengandung pati yang tinggi. Meskipun semua biji-bijian bertepung tetapi biji-bijian putih mengandung lebih banyak pati dibandingkan dengan biji-bijian pada umumnya. Penderita diabetes harus beralih ke produk makanan biji-bijian yang kaya serat untuk pengelolaan diabetes .

5. Daging
Protein sangat vital terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Beberapa jenis daging seperti daging sapi, hingga kambing memiliki kandungan protein tinggi tapi bisa jadi menyebabkan diabetes jika dikonsumsi dalam porsi tinggi. Tapi, meski dikonsumsi dalam porsi rendah pun tetap bisa menghubungkan ke risiko diabetes. Sebaiknya mengkonsumsi protein nabati yang bersumber dari kacang-kacangan seperti kedelai.

6. Produk Susu Tinggi Lemak
Produk susu kaya akan kalsium dan vitamin. Namun, produk susu tinggi lemak seperti yoghurt, susu murni, keju berlemak tinggi, dan dadih yang dimaniskan dapat meningkatkan kadar glukosa dan risiko penyakit jantung karena kadar laktosa yang tinggi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)