Gubernur Serahkan Bantuan Ambulans Laut dan Kapal RoRo Senilai Rp34,1 Miliar

Rabu, 21 Oktober 2020 - 16:05 WIB
loading...
Gubernur Serahkan Bantuan Ambulans Laut dan Kapal RoRo Senilai Rp34,1 Miliar
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, saat menyerahkan kapal RoRo dan ambulans laut di Luwu Timur. Foto: Istimewa
A A A
LUWU TIMUR - Pemprov Sulsel menyerahkan bantuan senilai Rp34 miliar, terdiri dari bantuan ambulans laut senilai Rp1,2 miliar dan dua unit Kapal Penyeberangan Roll on Roll off (RoRo),Rabu, (21/10/2020).

Kedua kapal tersebut yakni, KMP Pangkilang rute Pelabuhan Sorowako ke Pelabuhan Nuha (PP) dan KMP Opudi untuk Jalur Pelabuhan Timampu ke Pelabuhan Tokalimbo (PP) senilai Rp65,7 miliar.

Nama kedua kapal ini diambil dari nama ikan endemik, yang hidup di Danau Matano danDanau Towuti. Tak hanya itu, juga diserahkan bantuan keuangan daerah senilai Rp25 miliar, dan simbolis penyerahan Bus Sekolah senilai Rp532 juta.



Simbolis penyerahan bantuan dilaksanakan di Desa Timampu, Kecamatan Towuti oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah , disaksikan Rektor Unhas Prof Dwia Tina Pulubuhu, yang juga Komisaris Independen PT Vale Indonesia Tbk, Sekretaris Dirjen Kementerian Perhubungan Imran Rasyid, Kadis PUTR Sulsel Rudy Djamaluddin, Kajati Sulsel Firdaus Delwilmar dan TGUPP Sulsel, Hendra Pachri.

Nurdin Abdullah mengatakan, penyerahan bantuan ini dalam upaya memudahkan konektivitas penghubung jalur laut bagi masyarakat di Luwu Timur dan mempermudah layanan kesehatan bagi masyarakat, yang selama ini hanya memanfaatkan alat transportasi seadanya.

Dia menjelaskan, untuk dua kapal RoRo yang diserahkan berkapasitas 200 Gross Tonnage.

"Ambulans laut yang diserahkan dilengkapi dengan fasilitas perawatan medis, dengan tujuan untuk memberikan layanan kesehatan di daerah terpencil khususnya untuk menekan angka kematian ibu dan bayi," ujarnya.

Kedua, bantuan ini untuk meningkatkan konektivitas antar pemerintah pusat. Sementara, iitu kata dia, bantuan keuangan daerah nantinya Rp24,9 miliar kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur untuk pembangunan tiga ruas jalan di daerah Mahalona.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7457 seconds (0.1#10.140)