TOPIK TERPOPULER

Gubernur Serahkan Bantuan Ambulans Laut dan Kapal RoRo Senilai Rp34,1 Miliar

Suwarny Dammar
Gubernur Serahkan Bantuan Ambulans Laut dan Kapal RoRo Senilai Rp34,1 Miliar
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, saat menyerahkan kapal RoRo dan ambulans laut di Luwu Timur. Foto: Istimewa

LUWU TIMUR - Pemprov Sulsel menyerahkan bantuan senilai Rp34 miliar, terdiri dari bantuan ambulans laut senilai Rp1,2 miliar dan dua unit Kapal Penyeberangan Roll on Roll off (RoRo), Rabu, (21/10/2020).

Kedua kapal tersebut yakni, KMP Pangkilang rute Pelabuhan Sorowako ke Pelabuhan Nuha (PP) dan KMP Opudi untuk Jalur Pelabuhan Timampu ke Pelabuhan Tokalimbo (PP) senilai Rp65,7 miliar.



Nama kedua kapal ini diambil dari nama ikan endemik, yang hidup di Danau Matano dan Danau Towuti. Tak hanya itu, juga diserahkan bantuan keuangan daerah senilai Rp25 miliar, dan simbolis penyerahan Bus Sekolah senilai Rp532 juta.

Baca Juga: 3 Hari di Lutim, Gubernur Resmikan Kapal RoRo dan Beri Bantuan Rp25 Miliar

Simbolis penyerahan bantuan dilaksanakan di Desa Timampu, Kecamatan Towuti oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, disaksikan Rektor Unhas Prof Dwia Tina Pulubuhu, yang juga Komisaris Independen PT Vale Indonesia Tbk, Sekretaris Dirjen Kementerian Perhubungan Imran Rasyid, Kadis PUTR Sulsel Rudy Djamaluddin, Kajati Sulsel Firdaus Delwilmar dan TGUPP Sulsel, Hendra Pachri.

Nurdin Abdullah mengatakan, penyerahan bantuan ini dalam upaya memudahkan konektivitas penghubung jalur laut bagi masyarakat di Luwu Timur dan mempermudah layanan kesehatan bagi masyarakat, yang selama ini hanya memanfaatkan alat transportasi seadanya.

Dia menjelaskan, untuk dua kapal RoRo yang diserahkan berkapasitas 200 Gross Tonnage.



"Ambulans laut yang diserahkan dilengkapi dengan fasilitas perawatan medis, dengan tujuan untuk memberikan layanan kesehatan di daerah terpencil khususnya untuk menekan angka kematian ibu dan bayi," ujarnya.

Kedua, bantuan ini untuk meningkatkan konektivitas antar pemerintah pusat. Sementara, iitu kata dia, bantuan keuangan daerah nantinya Rp24,9 miliar kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur untuk pembangunan tiga ruas jalan di daerah Mahalona.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Resmikan Pojok Pangan Lokal Mitra Tani

"Terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Bapak Menteri Perhubungan atas bantuannya yang sangat bermanfaat bagi Sulawesi Selatan khususnya masyarakat Kabupaten Luwu Timur, tentu diharapkan ke depan Pemprov akan terus hadir di tengah masyarakat," paparnya.

Di sisi lain, bantuan bus sekolah untuk melayani angkutan sekolah agar para orang tua siswa tidak khawatir akan keselamatan anak di jalan serta dapat membantu mengurangi biaya transportasi yang dikeluarkan.

Sementara itu, Sekretaris Dirjen Kementerian Perhubungan Imran Rasyid menuturkan, Kapal RoRo ini hasil sinergi antara pemerintah pusat dan Pemprov Sulsel senilai Rp32,8 miliar yang diselesaikan selama 16 bulan, dengan daya tampung cukup besar bagi penumpang maupun kendaraan.

"Sangat disyukuri, di tengah pandemi penyelesaian kapal RoRo bisa diselesaikan dan dikerjakan di lokasi penyeberangan dermaga, yang nantinya menjadi area operasional," paparnya.

Pjs Bupati Luwu Timur, Jayadi Nas mengapresiasi perhatian Pemprov Sulsel yang begitu besar dalam pengembangan infrastruktur di Luwu Timur.

Baca Juga: Pemprov Bakal Kelola Bandara Sorowako Kembangkan Wisata Danau Lutim

"Terima kasih atas perhatiannya tiada henti, semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat Luwu Timur dan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat," paparnya.



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!