Basmin Minta Kades Salurkan BLT Dana Desa Tepat Sasaran

Kamis, 07 Mei 2020 - 15:45 WIB
loading...
Basmin Minta Kades Salurkan BLT Dana Desa Tepat Sasaran
Bupati Luwu Basmin Mattayang saat menyerahkan bantuan langsung Tunai (BLT) secara simbolis kepada warga. Foto: Istimewa
A A A
LUWU - Bupati Luwu, Basmin Mattayang, meminta penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui anggaran Dana Desa (DD) dengan baik dan tepat sasaran.

Diakui Bupati Luwu, ditengah Pandemi covid-19 seluruh masyarakat terkena dampaknya termasuk masyarakat di Luwu. Namun dalam proses penentuan masyarakat penerima BLT, kepala desa harus jujur.

"Penyaluran BLT dari dana desa harus berjalan dengan benar dan tepat sasaran. Berikan kepada mereka yang benar-benar kesulitan dan paling merasakan dampak covid-19 saat ini. Olehnya itu, kepala desa harus jujur dan adil dalam hal ini, selebihnya kita berserah diri kepada Allah SWT," ujarnya.

Untuk diketahui, secara simbolis Basmin Mattayang, menyerahkan uang tunai dari BLT dana desa sebesar Rp600 per kepala keluarga di Desa Lebani, baru-baru ini.

Penyerahan ini disaksikan langsung oleh warga lainnya dimana turut pula hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala BPMD, Bustam, Camat Belopa Utara, Aliaman dan Kepala Desa Lebani, Mappiati.

Lanjut Basmin dalam kesempatan tersebut menyebutkan, jika sesuai petunjuk teknis penerima BLT dana desa menyebutkan beberapa syarat penerima, diantaranya adalah warga yang masuk pada kategori miskin dan non penerima Program Keluarga Harapan atau PKh dan bukan penerima BLT pusat.

"Kepada keluargaku yang di Lebani, tolong agar bantuan ini dipergunakan sebaik-baiknya. Saya juga mengingatkan agar keluargaku semua tetap ikuti anjuran pemerintah untuk di rumah saja. Dengan cara itulah kita akan memutus mata rantai penyebaran pandemi ini, olehnya itu pemerintah memberikan sejumlah bantuan," serunya.

Bupati Luwu dua periode ini dalam kesempatan tersebut tidak lupa mengingatkan warga agar tetap mematuhi instruksi pemerintah, menjalankan Social Distancing, wajib menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan di rumah saja.

Kepala DPMD Kabupaten Luwu, Bustam, mengatakan dengan dilakukannya pencairan dana desa tahap awal tahun ini maka BLT dana desa juga sudah mulai disalurkan ke warga.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Lebani, Mappiati, menyebutkan penerima BLT Dana Desa di Lebani sebanyak 99 KK atau sebesar Rp59,4 juta di bulan pertama (April) atau Rp178,2 juta selama tiga bulan.

"Insyaaallah sesuai dengan arahan pemerintah, bantuan ini akan berlangsung selama tiga ulan terhitung april, mei dan juni 2020. Khusus di desa kami ada 99 KK penerima BLT dana desa," kuncinya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1849 seconds (0.1#10.140)