alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Menpan RB Dorong Percepatan Pembenahan Infrastruktur Pasca Bencana

Herni Amir
Menpan RB Dorong Percepatan Pembenahan Infrastruktur Pasca Bencana
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, saat menunjukkan peta lokasi bencana yang terjadi di Kabupaten Gowa beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa

SUNGGUMINASA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin, akan mendorong percepatan pembenahan kerusakan infrastruktur akibat bencana, terutama di Gowa yang menjadi salah satu daerah terparah yang terkena dampak bencana.

Menurut Syarifuddin, pembenahan infrastruktur harus ditangani bersama-sama. Tidak akan cukup dengan anggaran yang dikeluarkan pemerintah provinsi maupun Pemkab, tetapi harus dibackup dari pemerintah pusat.

"Selaku menteri saya prihatin. Meskipun saya tidak membidangi secara langsung tapi saya berempati. Ini kampung halaman saya," ungkapnya usai meninjau Posko Induk Bencana Gowa, di Baruga Karaeng Pattingaloang, Kantor Bupati Gowa, Selasa (29/1/2019).



Karena itu, dia berjanji akan mengkomunikasikan kembali agar seluruh pihak mulai dari Kemensos, Kementrian PUPR, BPBN dan instansi terkait lainnya agar cepat melakukan perbaikan.

"Makanya saya langsung tanya ke Bupati Gowa apa yang belum terbenahi," ucapnya.

Dia mengatakan, meski surat keputusan (SK) tanggap darurat telah dikeluarkan masing-masing daerah yang terdampak bencana, termasuk di Pemkab Gowa, namun pemprov dan pemerintah pusat juga tetap harus mengawasi dan tidak boleh lepas tangan.

Dengan melakukan rehabilitasi secara cepat, seperti pada jembatan putus, jalan amblas maupun sekolah rusak, maka akses publik akan cepat pulih.

Sementara, untuk sistem kinerja aparatur sipil negara (ASN) pasca bencana di Gowa dinilai tetap stabil. Bahkan aparat ikut ambil bagian dalam hal penanganan pasca bencana.

Berbeda dengan yang terjadi di beberapa daerah yang pernah terkena bencana seperti Sulawesi Tengah (Sulteng), Banten dan Lombok, aparatnya lumpuh.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook