alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dewan Prihatin Kasus Asusila Anak di Bawah Umur Marak di Toraja

Joni Lembang
Dewan Prihatin Kasus Asusila Anak di Bawah Umur Marak di Toraja
Ilustrasi/SINDOnews

TORAJA - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tana Toraja, merasa prihatin dengan maraknya kasus pencabulan dan persetubuhan anak di bawah umur di Toraja akhir-akhir ini.

"Kami turut prihatin atas kasus kejahatan pencabulan dan persetubuhan yang menimpa beberapa anak yang masih di bawah umur di Toraja," ujar Ketua Komisi II DPRD Tana Toraja yang salah satunya membidangi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Paulus Paonganan di gedung DPRD Tana Toraja, Selasa, (29/01/2019).

Dia mengatakan, maraknya kasus pencabulan anak di bawah umur dalam sebulan terakhir, harus menjadi perhatian serius dari semua pihak. Peran serta dan keterlibatan masyarakat sangat penting dalam meminimalisir terjadinya kasus-kasus kejahatan asusila terhadap perempuan dan anak.



Peran aktif orang tua dalam memberikan perhatian dan pengawasan terhadap anak-anaknya sangatlah penting. Terutama pengawasan terhadap pergaulan anak agar tidak terjerumus pada perbuatan yang negatif dan pergaulan bebas.

"Kurangnya perhatian dan pengawasan orang tua terhadap anak memberi peluang bagi para pelaku untuk melakukan kejahatan asusila terhadap anak," katanya.

Paulus juga meminta kepada aparat penegak hukum memberikan hukuman seberat-beratnya terhadap para pelaku asusila terhadap anak-anak.

"Pelaku asusila harus dihukum berat sebagai efek jera," katanya.

Diketahui, selama Januari 2019, Polres Tana Toraja menangani sedikitnya enam kasus asusila yang korbannya adalah anak di bawah umur.

"Orang tua harus lebih aktif mengawasi pergaulan anak-anaknya dan mengarahkan ke kegiatan yang positif," ujar Kapolres Tana Toraja, AKBP Julianto Sirait.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook