alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

DLHK Dinilai Tak Aktif Jalankan Satgas Pemantau Cuaca Buruk

Eky Hendrawan
DLHK Dinilai Tak Aktif Jalankan Satgas Pemantau Cuaca Buruk
Ilustrasi/SINDOnews

BULUKUMBA - ‎Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba, menilai jika Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Bulukumba, tidak mampu menjalankan perannya dalam Tim Satuan Tugas (Satgas) yang berperan untuk memantau kondisi dan situasi perkembangan cuaca buruk.

Padahal pembentukan Satgas yang terdiri dari enam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut, berperan untuk melakukan pemantauan pohon pelindung dan pengontrolan drainase. Apalagi kondisi cuaca ekstrem kerap menghampiri daerah berjuluk Butta Panrita Lopi.

‎Wakil Ketua DPRD Bulukumba Andi Zulkarnain Pangki menilai, jika perencanaan awal penanaman pohon lindung disejumlah titik di Kota Bulukumba dianggap menjadi ancaman. Pasalnya jenis pohon yang ditanam tidak sesuai dengan aspek keamanan dan keindahan kota.



"Harusnya memang dari awal sudah dipikirkan efek dari penanaman ini. Pemilihan pohon sudah harus dipertimbangkan jika pohon itu besar," katanya, Selasa, (29/01/2019).

Meski demikian, Andi Zulkarnain berharap agar DLHK memberikan sikap peduli dengan turun di lapangan melakukan pemantauan ‎dan peninjauan agar resiko terjadinya pohon tumbang bisa dihindari.

"Kami hanya berharap agar dinas terkait betul-betul memberikan itikadnya untuk menjalankan fungsinya. Kan mereka yang punya tanggungjawab, jangan berharap sama BPBD dan PLN," ungkapnya.

Diketahui, beberapa hari belakangan ini. Bulukumba diterjang hujan lebat disertai angin kencang. Akibatnya sejumlah pohon tumbang dibeberapa titik.‎ Hanya saja dari kejadian tersebut, tak satupun pihak DLHK yang mengambil tindakan.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook