TOPIK TERPOPULER

Pemerintah Butuh Rp20 M Rampungkan Masjid 99 Kubah

Syachrul Arsyad
Pemerintah Butuh Rp20 M Rampungkan Masjid 99 Kubah
Masjid 99 Kubah yang terletak di kawasan CPI, Makassar. Foto: SINDOnews/Muchtamir Zaide

MAKASSAR - Masjid 99 Kubah di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) ditarget bisa dugunakan tahun depan. Anggaran untuk kelanjutan pembangunan proyek strategis ini tengah disiapkan.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Pemprov Sulsel, Chaeruddin menuturkan, pihaknya tengah mematangkan konsep perencanaan untuk pembangunan tahun depan. Di samping menghitung estimasi anggarannya.



Baca juga: Masjid 99 Kubah Ditarget Bisa Segera Difungsikan Tahun Depan

Dari hasil perhitungan sementara, Dinas PUTR Sulsel mengajukan alokasi anggaran sekitar Rp20 miliar tahun depan. Dana itu akan digunakan secara terbatas untuk perbaikan beberapa bagian infrastruktur.

“Inikan sementara dikaji, karena mau dihitung dengan perencanaan. Tapi kita mintanya dari estimase sementara kira-kira Rp20 miliar. Artinya dengan harapan, anggaran itu sudah bisa digunakan agar masjid bisa fungsional,” papar Chaeruddin kepada SINDOnews.

Anggaran itu akan diprioritaskan untuk perbaikan pelataran dalam masjid. Selain itu, untuk penyediaan sarana dan prasarana sanitasi, utamanya untuk penyediaan tempat wudu.

“Jadi kita prioritas dulu pelataran kiblat, terus tempat wudu di basement. Itukan masih butuh perbaikan semua. Fokusnya kita sekarang direncanakan supaya bisa operasional,” papar dia.



Di samping itu, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan tim perencanaan. Untuk meninjau kembali kondisi struktur bangunan lainnya saat ini yang dianggap masih perlu perbaikan.

Baca juga: Tokoh Agama Sulsel Sepakat Tunda Aktivitas Ibadah di Masjid 99 Kubah

“Kita sementara koordinasi dengan tim perencanaan untuk melihat bagian-bagian yang sudah dikerjakan sebelumnya. Jangan sampai masih ada yang perlu diperbaiki lagi,” ungkap Chaeruddin.

Dia berharap, kelanjutan pembangunan Masjid 99 Kubah ini sudah bisa dimulai tahun depan. Dengan harapan, masyarakat sudah bisa memanfaatkan masjid tersebut untuk keperluan ibadah sebagaimana komitmen Gubernur Sulsel untuk merampungkan ikon baru Kota Makassar ini.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!