Bangunan Dibongkar, Sejarah Stadion Mattoanging Tetap Terjaga

Kamis, 22 Oktober 2020 - 09:55 WIB
loading...
Bangunan Dibongkar, Sejarah Stadion Mattoanging Tetap Terjaga
Bucket salah satu ekskavator yang akan digunakan membongkar bangunan Stadion Mattoanging, Rabu (21/10/2020). Foto: SINDOnews/Maman Sukirman
A A A
MAKASSAR - Stadion Mattoanging Makassar akan 'disulap' menjadi kawasan sport center yang megah. Kendati bangunan lama dibongkar, aspek historis tetap akan terjaga.

Pembongkaran stadion telah dimulai kemarin, Rabu (21/10/2020). Gubernur Sulsel , Nurdin Abdullah menyebut, agenda ini menandai akan dimulainya rencana pembangunan stadion menjadi bertaraf internasional.

“Hari ini (kemarin) juga akan dimulai pembongkaran stadion ini. Mudah-mudahan stadion ini bisa cepat selesai, sehingga ini akan menjadi kebanggaan kita semua,” kata Nurdin dalam sambutannya.



Ketua Dewan Pembina YOSS, Andi Ilhamsyah Mattalatta yang ikut menyaksikan proses pembongkaran mendukung penuh rencana pemprov Sulsel . Kata dia, sudah saatnya stadion kebanggaan Sulsel itu disulap dengan wajah baru menyesuaikan zaman.

Sulsel harus memiliki fasilitas olahraga yang layak. Untuk mendorong pembinaan generasi muda menjadi atlet yang lebih baik. Menurut dia, Sulsel memiliki atlet yang berkompeten, hanya saja belum didukung dengan sarana dan prasarana olahraga yang berstandar.

“Memang perkembangan zaman menghendaki kita harus melakukan perubahan-perubahan. Kan tidak usah mempertahankan yang sudah sekian lama ini, yang memamg sudah tidak memenuhi standar zaman sekarang,” beber Ilhamsyah.

Lebih lanjut, dengan adanya pembongkaran bangunan di kawasan stadion, otomatis aktivitas keolahragaan dihentikan sementara. Saat ini pihaknya masih sementara berusaha mengosongkan barang-barang yang masih ada dalam sarana olahraga stadion.

“Jelas tidak mungkin (ada aktivitas penggunaan sarana olahraga). Karena inikan sudah mulai dibongkar. Tidak tahu dari bagian mana mereka mulai (bongkar), tapi yang jelas barang-barang dulu dikeluarkan," sambung dia.

Meski Stadion Mattoanging dibongkar dan bakal menjadi sarana olahraga modern, Ilhamsyah berharap stadion ini bisa tetap dikenang masyarakat. Dia pun mendorong, agar dibangun museum yang menyimpan dokumentasi yang menjadi bukti otentik wajah lama stadion.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2822 seconds (0.1#10.140)