Bupati Takalar Minta Dishub Edukasi Warga Soal Keselamatan Transportasi Laut

Kamis, 22 Oktober 2020 - 16:21 WIB
loading...
Bupati Takalar Minta Dishub Edukasi Warga Soal Keselamatan Transportasi Laut
Bupati Takalar Syamsari Kitta. Foto: Istimewa
A A A
TAKALAR - Maraknya kecelakaan laut di perairan Takalar, menjadi perhatian tersendiri Bupati Takalar Syamsari Kitta . Bahkan ia meminta kepada OPD terkait untuk menggencarkan edukasi kepada warga.

Syamsari Kitta mengaku pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Takalar harus gencar mengedukasi dan mengawasi masyarakat yang menggunakan transportasi air.



Terlebih banyaknya kecelakaan laut di perairan Takalar menelan korban jiwa belakangan ini. Apalagi menjelang datangnya musim hujan yang kemungkinan disertai angin kencang dan badai ombak.

"Kecelakaan laut terakhir beberapa hari lalu yang menelan korban jiwa, warga Labbutallua, Tanakeke. Kita tak bisa diam dengan menyaksikan kecelakaan seperti itu, apalagi sudah berulang-ulang," ujarnya, Kamis (22/10/2020).

Bupati meminta, agar Dinas Perhubungan segera menganalisis situasi dan mencari solusi, contoh membuat SOP yang bisa dipedomani di dermaga yang ada di Takalar.

Sebelumnya, bupati juga sudah meminta audit kinerja pada dinas perhubungan terkait kejadian- kejadian berulang dan memakan korban jiwa.

"Saya sudah minta Pak Sekda untuk mengumpulkan dinas perhubungan , camat, dan OPD terkait untuk menyepakati agenda aksi untuk mencegah kejadian serupa di masa datang," tegasnya.



Dia mencontohkan, edukasi ke pemilik kapal dan penumpang di dermaga untuk menggunakan pelampung. Seperti saat naik pesawat, selalu diingatkan walaupun tau caranya.

Selain itu perlu disepakati model pengawasannya. Jika tidak memenuhi standar keselamatan, jangan dikasi izin berlayar.

"Kita harus menyadari bahwa kita diberi tanggungjawab untuk menjaga keselamatan warga kita," tutup Syamsari.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)