alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Cegah Gagal Lelang, BLPBJ Lakukan Penguatan Kelembagaan

Vivi Riski Indriani
Cegah Gagal Lelang, BLPBJ Lakukan Penguatan Kelembagaan
ILUSTRASI LELANG. Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Kota Makassar terus berupaya mewujudkan zero gagal lelang tahun ini. Termasuk penguatan kelembagaan. Foto: Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (BLPBJ) Sekretariat Kota Makassar terus berupaya mewujudkan zero gagal lelang tahun ini. Salah satunya dengan penguatan kelembagaan.

Kepala BLPBJ Sekretariat Kota Makassar, Fuad Aziz saat ini intens melakukan sosialisasi dan koordinasi sehingga bisa memudahkan proses lelang barang dan jasa. Termasuk dalam hal auditing barang dan jasa oleh instansi terkait, seperti Inspektorat, BPK atau BPKP.

"Saya sudah melakukan penguatan kelembagaan dengan izin Pak Wali dan sekda sebagai pimpinan. Penguatan kelembagaan kita sudah dilakukan tiga kali dan berjalan lancar, tapi saya ingin tuntaskan di FGD pekan depan sehingga inovasi menuju 0% gagal lelang bisa terwujud," kata Fuad, Rabu (30/1/2019).



Dia menyebutkan ada beberapa hal yang telah dilakukan, seperti membentuk tim untuk percepatan pelaksanaan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) berbasis web, serta mengevaluasi sumber daya manusia (SDM), baik diinternal BLPBJ maupun dilingkup SKPD.

“Teman-teman SKPD sudah berani mengajukan yang namanya pengumuman SiRUP. Meski saat ini baru empat SKPD, tapi saya sudah minta izin ke pak wali untuk mengumumkan by system, sehingga Februari sudah bisa dilakukan pelaksanaan tender. Jadi, tidak bisa melakukan tender kalau belum di umumkan oleh SiRUP karena yang berhak melakukan pengumuman SiRUP hanya kepala SKPD,” tambahnya

Agar proses lelang minim pelanggaran pidana, kata Fuad, pihaknya menggandeng sejumlah instansi dari lembaga yudikatif, seperti kejaksaan dan kepolisian. Sebab, proses lelang acap kali terjadi kecurangan yang dampaknya pada pelanggaran ke ranah hukum.

“Kita tahu persis manusia tidak lepas dari kesalahan sehingga butuh pengawalan dan pendampingan. Kita upayakan menghadirkan BPK, KPPU, LPI, TP4D dan Kepolisian. Pak Sekda apresiasi dan meminta teman-teman pokja berjalan sesuai rel. Kalau sudah dilakukan upaya pencegahan lantas masih ada yang membandel itu sudah ada niat dan ini masing-masing person,” terangnya.

Sementara Pemeriksa Kejari Makassar, Pinkan menyebutkan, kegiatan sosialisasi terhadap proses lelang barang dan jasa merupakan langkah yang baik dari BLPBJ setda kota Makassar. Sebab, dengan proses yang baik akan berdampak pada pelaksanaan pembangunan insfratruktur Kota Makassar.

“Semua pelaksanaan dimanapun potensi terjadi pelanggaran, nah dengan sosialisasi, penerangan dan masukan ini tujuannya menghindari terjadinya pelanggaran. Kalau dari saya, masukannya ke semua pelaksan tender yaitu pembangunan integritas, kalau punya integritas pasti baik kinerjanya,” tutupnya.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook