alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Balitbang Akan Hadirkan Laboratorium Inovasi pada Tahun Ini

Vivi Riski Indriani
Balitbang Akan Hadirkan Laboratorium Inovasi pada Tahun Ini
FORUM INOVASI DAERAH. Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Makassar sedang merancang konsep laboratorium inovasi. Jika tidak ada kendala, sudah bisa terealisasi tahun ini. Foto: Vivi Riski Indriani/SINDOnews

MAKASSAR - Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Makassar sedang merancang konsep laboratorium inovasi. Jika tidak ada kendala, sudah bisa terealisasi tahun ini.

Plt Kepala Balitbang Kota Makassar, Nur Kamarul mengaku sudah mengalokasikan anggaran pada APBD pokok untuk pengadaan sarana dan prasarana di ruangan laboratorium tersebut. Tempatnya pun telah ditentukan yaitu di ruang kaca lantai dua gedung balaikota.

"Kita baru mau mendesain tempatnya, kita juga sudah punya anggaran tinggal mau pengadaan, nanti kalau selesai itu (detail konsepnya) baru kita adakan sarana pendukungnya," kata Kamarul, Kamis (31/1/2019).



Tahap awal yang akan dilakukan adalah mendokumentasikan semua inovasi yang telah dimiliki pemerintah kota, sehingga seluruh masyarakat bisa mengetahui lebih detail bagaimana inovasi itu bisa terbentuk.

Apalagi, pemerintah kota mencatat ada lebih dari 185 inovasi yang dimiliki. Disamping itu, pemerintah kota juga banyak menerima kunjungan dari luar baik nasional maupun internasional.

"Kita fokus untuk bagaimana mendokumentasikan semua inovasi, kita buatkan filmnya bagaimana fotonya karena inovasi itu adalah proses bagaimana dari awal sampai akhir, bukan langsung muncul langsung jadi inovasi," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Kota Makassar, Andi Muhammad Ansar mengatakan bahwa seluruh stakeholder berhak melakukan inovasi, bukan hanya di tingkat SKPD, melainkan juga ditingkat kecamatan maupun kelurahan.

"Ada delapan inovasi yang saya usul pada saat lelang sekkot kemarin, salah satunya yaitu semua harus berinovasi tinggal kita lihat nanti camat berapa, lurah berapa, SKPD berapa, karena kalau kita tidak berinovasi kita akan tergilas," kata Ansar.

Dia bahkan berencana dalam waktu dekat ini akan meminta persetujuan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto untuk membuat surat edaran terkait hal ini.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads