alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jelang KTT, Utusan Khusus AS Berangkat ke Korea Selatan

Agus Nyomba
Jelang KTT, Utusan Khusus AS Berangkat ke Korea Selatan
Presiden AS Donald Trump saat bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Foto: Istimewa

WASHINGTON - Perwakilan Khusus Amerika Serikat untuk Korea Utara Stephen Biegun, dijadwalkan akan bertemu dengan rekan-rekannya dari Korea Utara dan Selatan di Seoul pada 3 Februari mendatang

"Biegun akan melakukan perjalanan ke Seoul 3 Februari untuk pertemuan dengan Perwakilan Khusus Republik Korea [Korea Selatan] Lee Do-hoon," kata Departemen Luar Negeri AS seperti yang dikutip Sputnik Jumat, (01/02/2019).

"Biegun juga akan mengadakan pertemuan lanjutan dengan mitranya dari Korea Utara [Kim Hak Chul] untuk membahas langkah-langkah selanjutnya untuk memajukan tujuan kami mengenai denuklirisasi Korea Utara yang sepenuhnya diverifikasi dan langkah-langkah untuk membuat kemajuan lebih lanjut pada semua komitmen yang dibuat oleh kedua pemimpin di Singapura," katanya.



Dalam pidatonya di Universitas Stanford, Kamis sore, Biegun mencatat bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah mencari langkah-langkah timbal balik yang tidak ditentukan dari Amerika Serikat dengan imbalan denuklirisasi.

"Persisnya apa langkah-langkah ini adalah masalah yang saya rencanakan untuk diskusikan dengan rekan Korea Utara saya," kata Biegun.

Biegun juga mencatat bahwa, Amerika Serikat bekerja dengan Komite Sanksi PBB untuk menjernihkan simpanan permintaan dari kelompok-kelompok kemanusiaan untuk akses ke Korea Utara baik sebagai penyedia bantuan maupun pemantau bantuan.

Pada bulan Januari, komite sanksi menyetujui proyek-proyek bantuan yang diusulkan oleh kelompok-kelompok dari Swiss, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Kanada dan Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC).

Stephen Biegun juga menekankan bahwa Washington akan memulai serangkaian negosiasi dengan Pyongyang menjelang KTT Trump-Kim akhir Februari, untuk mengembangkan peta jalan bagi denuklirisasi.

"Kami berharap untuk mengadakan negosiasi tingkat kerja dengan rekan-rekan Korea Utara kami sebelum KTT, dengan tujuan mencapai satu set hasil kongkrit, peta jalan negosiasi dan deklarasi ke depan dan pemahaman bersama tentang hasil yang diinginkan dari upaya bersama kami," lanjut Biegun.

Masalah-masalah lain melibatkan pemulihan jasad dari 5.000 tentara AS yang tidak pernah kembali dari Perang Korea.

"Dan keinginan Washington untuk perdamaian permanen untuk menggantikan gencatan senjata yang mengakhiri perang, dan normalisasi penuh hubungan dengan kedutaan besar di ibukota masing-masing negara," kata Beijun.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads