alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sebelum Terlambat, Cegah Kanker Payudara dengan Cara Ampuh Ini

Sri S Syam
Sebelum Terlambat, Cegah Kanker Payudara dengan Cara Ampuh Ini
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Kanker memang sulit diprediksi sejak dini, penyakit kanker seperti kanker payudara biasanya sering dialami perempuan namun jarang disadari mereka. Meski terlihat sepele, kamu harus tahu risiko kanker payudara bisa menyebabkan kematian. Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara ampuh mencegah kanker payudara.

1. Lebih Banyak Makan Sayur dan Kurangi Daging
Para ahli sangat menyarankan konsumsi makanan kaya warna seperti sayur dan buah mengandung flavonoids yang bisa membantu mencegah kanker. Menurut WHO, mengkonsumsi daging merah seperti sosis, ham dan bacon akan menyebabkan resiko kanker lebih tinggi. Selain rutin mengkonsumsi sayuran dan buah, kamu bisa menemukan flavonoids pada minuman herbal seperti teh hijau.

2. Olahraga Selama Lima Jam Seminggu
Menurut penjelasan Europe Code Agains Cancer, orang yang jarang berolahraga akan 9 persen lebih beresiko terkena kanker payudara daripada yang rajin berolahraga. Pasalnya mereka yang rajin berolahraga tidak hanya terhindar dari kanker payudara, namun juga terhindar dari osteoporosis dan penyakit hati. Mencegah kanker payudara bisa dilakukan dengan olahraga apa saja seperti jogging, tennis, berenang dan sebagainya.



3. Mulai Mengalami Menopause
Gejala kanker payudara bisa ditandai dengan adanya menopause lebih awal. Menurut studi pada tahun tahun 2015, aerobik aqtau olahraga selama lima jam dalam seminggu akan menunda waktu menopause agar lebih lama. Selain menghindari menopause, dengan berolahraga tubuh akan lebih sehat dan otot akan jadi lebih kuat saat usia semakin bertambah.

4. Hindari Alkohol
Minum alkohol tidak hanya bisa merusak kesehatan tapi juga berpengaruh besar pada resiko kanker payudara. Menurut Studi British Medical Journal mengatakan bahwa orang yang mengkonsumsi 5 gelas wine dalam sehari akan meningkatkan resiko 13 persen kanker payudara. Untuk mengatasinya, sebaiknya mulai coba kurangi jumlah alkohol yang dikonsumsi atau menggantinya dengan sparkling water yang tak kalah enak dan menyehatkan.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads