alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jadwal Lelang Jabatan Eselon II Pemkot Makassar Belum Jelas

Syachrul Arsyad
Jadwal Lelang Jabatan Eselon II Pemkot Makassar Belum Jelas
LELANG JABATAN. Jadwal lelang jabatan eselon II lingkup Pemkot Makassar belum jelas. BKPSDM Kota Makassar, masih menunggu persetujuan Gubernur Sulsel dan izin Kemendagri. Foto: Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Jadwal lelang jabatan eselon II lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar belum jelas. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar, masih menunggu persetujuan Gubernur Sulsel dan izin Kemendagri.

Kepala BKPSDM Kota Makassar, Andi Siswanta menjelaskan, surat permintaan mengumumkan pelaksanaan lelang jabatan sudah dikirimkan ke Gubernur Sulsel pada Rabu (30/1) lalu.

Soal kapan keluarnya surat balasan terkait persetujuan tersebut, kata dia, juga belum bisa dipastikan. “Minta persetujuan ya, bukan minta izin ya. Minta persetujuan dari pak gubernur dan kementerian," beber Siswanta di kantornya, Jumat (1/2/2019)



Dia menjelaskan, mekanisme lelang jabatan ini sebelumnya Wali Kota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto menyurat ke Gubernur Sulsel melalui Badan Kepegawaian Derah (BKD) Sulsel. Selanjutnya Gubernur Sulsel yang akan kembali menyurati Kemendagri terkait persetujuan lelang oleh Penkot Makassar.

Sembari menunggu surat balasan Pemprov Sulsel, Siswanta menegaskan, surat persetujuan Pemprov Sulsel nantinya dia harap lebih baik dikirimkan langsung oleh pihak Pemkot Makassar. “Makanya kita tunggu. Mudah-mudahan paling lambat Senin ada surat daru provinsi. Kita minta itu (surat). Biasanya kan dia (pemprov) kirim langsung ke kementerian, tapi kita minta kebijaksanaannya jangan kirim langsung, tapi kita yang bawa. supaya bisa ki cepat," paparnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, setelah izin pelaksanaan lelang jabatan terbit dari Kemendagri, pihaknya juga baru akan mengumumkan 15 jabatan eselon II yang akan dilelang. Termasuk jadwal pendaftaran dan prasyarat terkait kelengkapan administrasi.

Hal tersebut, kata dia, nanti akan dibahas oleh tim panitia seleksi (pansel) dalam rapat persiapan lelang jabatan. Adapun tim panselnya sendiri, berjumlah lima orang. Sebut siswanta, ketua tim pansel dari KASN, wakilnya adalah sekda, dan tiga anggota, yang rencananya dari kalangan akademisi.

Meski demikian, dia menargetkan, dua pekan kedepan, izin yang dimaksud sudah terbit. "Oh iya, pokoknya adami izin daru kementerian, kita laksanakan. lebih cepat lebih bagus agar teman-teman yang mau berkompetisi kan dia lagi naik jabatan," pungkasnya.

Apalagi, kata Siswanta, lelang jabatan ini sudah menjadi agenda Wali Kota Makassar untuk penyegaran struktur di Pemkot Makassar.

Sebelumnya, Siswanta menyebut lelang jabatan eselon II hanya dikhususkan bagu pejabat yang memiliki pangkat dan golongan IV/A dengan usia maksimal 56 tahun yang bisa mendaftar. Syarat itu berdasar pada PP 17/2017 tentang Managemen ASN.

Namun, pejabat nonjob juga memiliki hak yang sama untuk mengikuti lelang jabatan. Pasalnya, salah satu syarat ikut lelang yaitu pernah atau sedang menduduki aekurang-kurangnya jabatan eselon III/A.

Pada saat pendaftaran setiap peserta bisa memilih lebih dari satu jabatan yang akan diduduki. Paling tidak satu jabatan bisa diperebutkan oleh tiga pejabat.

Sementara Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto mengaku sudah menandatangani surat agar lelang jabatan bisa segera diumumkan. Sisa menunggu persetujuan Gubernur Sulsel. "Sudah saya tandatangan pengumumannya. Eselon II 15. Sudah dua hari lalu saya tanda tangan," kata Danny.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads