TOPIK TERPOPULER

Paslon Ibas-Rio Dilaporkan ke Bawaslu Karena Kampanye di Tempat Ibadah

Fitra Budin
Paslon Ibas-Rio Dilaporkan ke Bawaslu Karena Kampanye di Tempat Ibadah
Tim Hukum Husler-Budiman, Agus Melas. Foto: Istimewa

LUWU TIMUR - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam-Andi Muh Rio Patiwiri (Ibas-Rio), dilaporkan ke Bawaslu karena dugaan pelanggaran pada Pilkada 2020.

Tim Hukum Husler-Budiman, Agus Melas telah memasukkan tiga laporan ke Bawaslu Luwu Timur, dimana laporan tersebut, yakni dugaan kampanye di tempat ibadah di Pura Dalem, Lorong 7 Timur, Desa Kertoraharjo, Kecamatan Tomoni Timur.



Baca Juga: Kantor Bawaslu dan KPU Luwu Timur Didemo, Warga Minta Penyelenggara Netral

Pada pelaporan tersebut, Agus menyertakan bukti dugaan pelanggaran paslon tersebut, berupa video durasi 1 menit 18 detik dan 46 detik ke Bawaslu Luwu Timur.

"Saya menyanyangkan dan harus ditindak karena melanggar aturan kampanye baik yang telah diatur," kata Agus Melas, Sabtu (24/10/20).

Menurut Agus, dugaan tersebut berdasarkan video yang berdurasi 1 menit 18 detik itu, Irwan membawakan materi yang disampaikan memperkenalkan diri sebagai pasangan calon nomor urut 2.

Larangan kampanye di tempat ibadah sebagimana pasal 280 ayat (1) Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang berbunyi, 'Pelaksana, peserta, dan tim kampanye pemilu dilarang: menggunakan fasilitas pemerintah, tempat ibadah, dan tempat pendidikan'



Adapun sanksinya adalah Pasal 521 Setiap pelaksana, peserta, petugas, dan/atau Tim Kampanye Pemilu yang dengan sengaja melanggar larangan pelaksanaan kampanye pemilu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 280 ayat (1) huruf a, huruf b, huruf c, huruf d, huruf e, huruf f, huruf g, huruf h, huruf i, atau huruf j dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan denda paling banyak Rp 24.000.000,00 (dua puluh empat juta rupiah).

Dua laporan lain dari Agus yaitu ASN bekerja di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Luwu Timur diduga terlibat politik praktis.

Baca Juga: Lutim Masuk Zona Merah Kerawanan Pilkada, Ini Imbauan Pjs Bupati

Pada laporan ini, Agus menyertakan bukti screenshoot gambar ASN ini mengangkat dua jari identik dengan simbol dukungan ke Ibas-Rio.

Selain itu, laporan Agus yang lain yaitu terkait perbedaan nama dari calon Wakil Bupati Luwu Timur, Andi Muh Rio Patiwiri.

Pada laporan ini, Agus menyertakan bukti nama di B1 KWK Nasdem dan Demokrat, KTP dan Ijasah SMA, S1 dan S2 Andi Muh Rio Patiwiri.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Luwu Timur, Rahman Atja saat ditemui, SINDOnews membenarkan laporan Agus Melas telah masuk.

"Yah sudah masuk laporannya dan sementara berproses," kata Rahman.

Namun pada laporan Agus ini, Rahman belum bisa berkomentar banyak, karena saat ini pihaknya masi memproses laporan tersebut.

Baca Juga: Pilkada Lutim 2020, Thoriq Husler Serukan Kampanye Santun



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!