Bupati Wajo Minta Akademisi Unhas Riset Manfaat Ikan Sapu-sapu

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 23:12 WIB
loading...
Bupati Wajo Minta Akademisi Unhas Riset Manfaat Ikan Sapu-sapu
Bupati Wajo Amran Mahmud. Foto: Istimewa
A A A
WAJO - Bupati Wajo Amran Mahmud , berharap Akademisi Universitas Hasanuddin (Unhas) melakukan riset terkait manfaat ikan Sapu-sapu.

Hal tersebut disampaikan saat Amran Mahmud memberi sambutan dalam Dies Natalis Unhas ke 64, di ruangan pola Kantor Bupati Wajo, Sabtu (24/10/2020).



Menurut Amran, ikan Sapu-sapu atau dikenal dengan bahasa latin Loricariidae merupakan ikan yang termasuk golongan invasive species.

Populasi ikan tersebut, sangat melimpah di perairan Danau Tempe. Bahkan kata Amran, sejumlah nelayan menganggap ikan Sapu-sapu hanya menjadi predator bagi spesies ikan asli Danau Tempe.

"Tentunya sejumlah akademisi yang berada di Unhas dapat melakukan riset terkait manfaat ikan Sapu-sapu, sebab sejauh ini nelayan di Danau Tempe menganggap ikan tersebut hanya menjadi hama bagi spesies ikan asli Danau Tempe," ujarnya

Olehnya itu ia berharap, akademisi mampu memberikan solusi kepada nelayan Danau Tempe, agar ikan Sapu-sapu dapat dimanfaatkan dan bernilai ekonomis bagi nelayan.

"Kalau tidak dikelola dengan baik ikan sapu-sapu akan membawa dampak buruk hilangnya spesies endemik akibat dimangsa dan kalah bersaing oleh ikan sapu-sapu," tandasnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1008 seconds (0.1#10.140)