Terapkan 5 Pola Makan Sehat Ini! Kebiasaan Kecil yang Membawa Perubahan Besar

Minggu, 25 Oktober 2020 - 09:54 WIB
loading...
Terapkan 5 Pola Makan Sehat Ini! Kebiasaan Kecil yang Membawa Perubahan Besar
Hanya dengan beberapa perubahan dan kebiasaan kecil yang diterapkan pada pola makan sehari-hari bisa membawa dampak yang signifikan pada kesehatan. FOTO: Ilustrasi.
A A A
MAKASSAR - Anda tidak memerlukan diet yang rumit atau sejumlah makanan khusus yang hanya tersedia di toko tertentu untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Hanya dengan beberapa perubahan dan kebiasaan kecil yang diterapkan pada pola makan sehari-hari bisa membawa dampak yang signifikan pada kesehatan Anda.

1. Mengurangi Konsumsi Gula
Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa mengonsumsi gula secara berlebihan membawa banyak efek buruk pada tubuh. Sehingga untuk menjaga diri dan keluarga Anda dari bahaya yang bisa ditimbulkan oleh konsumsi gula berlebihan, sebaiknya Anda mulai mereview konsumsi gula harian serta mulai memilih dengan cermat produk-produk less sugar di supermarket.



2. Makan Daging Tidak Terlalu Banyak
Daging adalah sumber protein, vitamin, dan mineral yang baik, tetapi ahli kesehatan menyarankan untuk memakan hanya 70g daging merah dan atau daging olahan per hari sebagai pilihan yang lebih sehat.

Cobalah makan daging berkualitas baik hanya sekali atau dua kali seminggu, dan gunakan kacang-kacangan, lentil, tahu atau jamur dalam resep pilihan Anda sebagai alternatif, sumber protein tanpa daging.

3. Mengurangi Garam
Tujuh puluh lima persen garam yang kita makan ditemukan dalam makanan sehari-hari seperti roti, camilan, sereal sarapan, makanan kaleng, dan makanan siap saji. Padahal orang dewasa hanya boleh mengonsumsi sekitar satu sendok teh garam per hari (6g). Kurangi makanan asin alami seperti keju, udang, sosis, dan lain-lain, lalu pilih makanan yang lebih rendah garam.



4. Makan Lebih Banyak Serat
Makanan berserat adalah hal krusial bagi kesehatan tubuh, tapi banyak yang tidak mengonsumsinya dengan cukup. Cobalah mengonsumsi makanan tinggi serat sperti pisang, brokoli, wortel, kacang-kacangan dan biji-bijian.

5. Menikmati Makanan Dalam Porsi Kecil
Yang kelima ini adalah yang paling tricky diantara yang lain. Makan dengan porsi berlebihan adalah penyebab umum dari kebiasaan makan yang tidak sehat. Ukuran porsi yang direkomendasikan seringkali lebih sedikit dari yang kita kira. Tidak ada gunanya memilih makanan yang lebih sehat, lalu makan dengan porsi berkali-kali lebih banyak.

Baca Juga: Hati-Hati! Gatal Terus Menerus di Kunci Paha Salah Satu Gejala Diabetes
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)