Jangan Hangatkan Kembali Sayuran ini Saat Sahur, Bisa Beracun!

Jum'at, 08 Mei 2020 - 01:10 WIB
loading...
Jangan Hangatkan Kembali Sayuran ini Saat Sahur, Bisa Beracun!
Ada baiknya kamu berhati-hati untuk memanaskan beberapa jenis sayur di bawah ini. Sebab bukannya kenyang, sayuran yang dipanasi kembali bisa menjadi racun bagi tubuhmu. Foto : SINDOnews/Doc
A A A
MAKASSAR - Saat sahur, adakalanya kamu tidak lagi mood untuk berkreasi membuat masakan yang menggugah selera. Malahan kamu justru lebih sering hanya memanaskan masakan yang telah kamu masak saat buka puasa, terutama sayur.

Meski tidak masalah, tetapi ada baiknya kamu berhati-hati untuk memanaskan beberapa jenis sayur di bawah ini. Sebab bukannya kenyang, sayuran yang dipanasi kembali bisa menjadi racun bagi tubuhmu.

Baca Juga : Hati-hati Makan Telur Setengah Matang, Bisa Jadi Mengandung Bakteri Berbahaya

1. Sayuran Hijau
Sayuran hijau yang tidak bisa dihangatkan lagi setelah matang seperti bayam, kangkung, brokoli dan sawi. Menurut ahli makanan, sayur-sayuran ini akan melapaskan nitrat yang menyebabkan sayuran menjadi beracun. Bahkan melepaskan senyawa karsinogenik yang memicu kanker.

2. Kentang
Kentang bisa jadi pengganti nasi saat diet, tetapi sebaiknya tidak memanaskannya kembali kentang yang sudah matang, karena memicu tumbuhnya bakteri botulis yang menyebabkan sakit perut. Menurut Food Safety, setelah kentang matang, konsumsi selagi hangat dan jangan dibiarkan dingin dalam waktu lama. Hal ini juga berlaku untuk umbi lain seperti beet, ubi dan singkong.

3. Jamur
Jamu memang enak jika dimakan saat masih kenyal dan hangat, entah itu dimasak atau digoreng. Tetapi sebaiknya kamu tidak memanaskannya kembali masakan berbahan jamur karena meski tinggi vitamin B dan protein, kesemua kandungan itu akan menjadi racun jika dimasak lagi.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0989 seconds (0.1#10.140)