alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gempa Bumi Berkekuatan 4,9 Skala Richter Guncang Mamuju

Asrianto Suardi
Gempa Bumi Berkekuatan 4,9 Skala Richter Guncang Mamuju
Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Sulawesi Barat tepatnya di Kabupaten Mamuju. Foto: Istimewa

MAMUJU - Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4.9 Skala Richter, mengguncang wilayah Kabupaten Mamuju, Sulbar, Rabu (6/2/2019), pukul 12:23 Wita.

Sejumlah warga mengaku kaget lantaran guncangan gempa terasa cukup besar, hingga membuat rumah goyang. mereka berhamburan lari keluar rumah untuk menyelematkan diri.

"Besar sekali gempanya. Saya kaget, karena ruangan bergetar. Semua lari berhamburan," ucap Leha, alah satu staf Poltekes Mamuju.



Pihak BMKG Wilayah IV Makasasar menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M=4.9. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.96 LS dan 118.52 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 36 Kilimeter, Barat Daya Kecamatan Tapalang Barat, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat pada kedalaman 8 kilometer. Gempa bumi ini juga dirasakan hingga ke Kabupaten Majene, Polman, dan sekitarnya.

"Gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas patahan naik Selat Makassar yang berdekatan dengan pusat epicenter," kata Joharman, Salah Satu Petugas BMKG Makassar.

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak dari gempa tersebut. Meski tidak berpotensi tsunami, namun masyarakat tetap dihimbau agar tetap tenang dan tidak panik serta terus mengikuti informasi dari BMKG.

"Tidak berpotensi tsunami," singkat Joharman.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads