alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Taliban Sebut Pasukan AS Ditarik Akhir April, Amerika Membantah

Kurniawan Eka Mulyana
Taliban Sebut Pasukan AS Ditarik Akhir April, Amerika Membantah
ABDUL SALAM HANAFI. Seorang pejabat Taliban mengatakan bahwa Amerika Serikat telah berjanji untuk menarik setengah dari pasukannya dari Afghanistan pada akhir April. Foto: Pavel Golovkin/AP

KABUL - Seorang pejabat Taliban mengatakan bahwa Amerika Serikat telah berjanji untuk menarik setengah dari pasukannya dari Afghanistan pada akhir April, tetapi militer AS mengatakan tidak ada kerangka waktu yang ditetapkan.

Dilansir Aljazeera, Abdul Salam Hanafi, pejabat Taliban tersebut, berbicara di sela-sela pertemuan di Moskow antara Taliban dan tokoh-tokoh penting Afghanistan lainnya, mengatakan para pejabat Amerika berjanji penarikan akan dimulai bulan ini.

"Amerika mengatakan kepada kami bahwa dari awal Februari hingga akhir April setengah dari pasukan dari Afghanistan akan ditarik," kata Hanafi kepada wartawan, Rabu (6/2/2019).



Namun jurubicara Pentagon, Kolonel Angkatan Darat Rob Manning mengatakan militer AS tidak menerima perintah untuk mulai menarik diri.

"Pembicaraan damai dengan Taliban terus berlanjut, tetapi [Departemen Pertahanan] belum menerima arahan untuk mengubah struktur pasukan di Afghanistan," kata Manning.

Seorang juru bicara militer AS di Kabul juga membantah penarikan pasukan segera.

"Jika semua pihak melakukan apa yang diperlukan untuk mencegah Afghanistan agar tidak digunakan sebagai platform untuk terorisme, karena kondisinya memungkinkan kami bersedia melihat perubahan dalam kehadiran kekuatan," katanya kepada kantor berita AFP.

Sher Mohammad Abbas Stanikzai, kepala delegasi Taliban di Moskow, juga membantah komentar Hanafi sebelumnya tentang penarikan Amerika. Dia mengatakan belum ada tanggal yang ditetapkan.

Hanafi mengatakan Washington dan Taliban sepakat bahwa semua pasukan asing pada akhirnya akan pergi dan Afghanistan tidak akan pernah digunakan sebagai pangkalan untuk serangan terhadap AS.

Dia menambahkan AS dan Taliban masing-masing akan membuat komite teknis yang "akan bekerja sesuai jadwal untuk penarikan pasukan yang tersisa".



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook