alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dua Pekan di Yogyakarta, Kalezic Utak Atik Pasukan Ramang

Ahmad Muhaimin
Dua Pekan di Yogyakarta, Kalezic Utak Atik Pasukan Ramang
Pelatih anyar, Darije Kalezic. Foto : Istimewa

MAKASSAR - Darije Kalezic Mulai Utak Atik Pasukan Ramang

Pelatih anyar, Darije Kalezic langsung memimpin tim pada Training Camp (TC) yang digelar di Yogyakarta. PSM bahkan sudah mulai menggelar latihan perdananya di Lapangan Yogyakarta Internasional School (YIS), Jumat (08/02/2019) kemarin.

Direncanakan, tim akan menggelar pemusatan latihan itu selama dua pekan ke depan. Namun akan ada menyesuaikan jadwal babak 16 besar Piala Indoensia yang bakal digelar pertengahan Februari ini.



Digelarnya latihan perdana pada TC bersama Darije, sekaligus sebagai awal estafet arsitek baru di skuad Juku Eja. Selama dua pekan di Yogyakarta, pelatih asal Bosnia itu mengaku akan mulai mengutak atik taktik permainannya.

"Kami mulai mempersiapkan tim ini. Melihat kombinasi dan menyusun taktikal. Program ini akan menyesuaikan pada pertandingan kita selanjutnya," ungkap Darije usai memimpin latihan.

Dengan 28 materi skuad yang dimilikinya, plus kelebihan tiap pemain nampaknya membuat Darije leluasa untuk mengutak atik taktik permainannya. Apalagi ada nama Wiljan Pluim yang berperan sebagai motor serangan Juku Eja.

Dilihat dari pengalamannya menukangi tim, Darije lebih cenderung menerapkan formasi 4-2-3-1. Skema yang condong menyerang dari kedua sisi sayap. Formasi ini cukup cocok bagi PSM karena memiliki sejumlah winger kencang, seperti M Rahmat, Saldi dan Bayu Gatra.

Darije menyebut hasil dari penyusunan taktiknya akan diuji pada sebuah laga uji coba di sela pemusatan latihan di Yogyakarta. "Iya, kita punya rencana untuk itu. Tapi nanti kita lihat, setelah ada hasil (drawing) Piala Indonesia," katanya.

Pengamat sepak bola, Faisal Maricar menilai taktik PSM dibawah Darije memang akan berubah. Karena setiap pelatih memiliki pola permainan yang berbeda-beda.

"Berubah sih iya, tapi tidak banyak. Artinya masih rasa Belanda, karena Darije juga lama melatih di Belanda. Taktiknya tak akan beda jauh dengan Robert," katanya.

Melihat skuad yang ada, Faisal mengatakan Darije tetap condong akan menerapkan penyerangan dari sisi sayap. "Wingernya banyak yang cepat, didukung oleh Markkanen yang posturnya tinggi. Jadi bola-bola krosing akan menjadi andalan PSM nanti," jelasnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook