TOPIK TERPOPULER

Terverifikasi untuk New Normal, FRii Bali Echo Beach Hotel Siap Layani Tamu

Tim SINDOnews
Terverifikasi untuk New Normal, FRii Bali Echo Beach Hotel Siap Layani Tamu
FRii Bali Echo Beach Hotel telah terverifikasi untuk program adaptasi baru sejak tanggal 14 Oktober 2020 lalu. Foto: Istimewa.

MAKASSAR - FRii Bali Echo Beach Hotel telah terverifikasi untuk program new normal atau adaptasi baru sejak tanggal 14 Oktober 2020 lalu. Artinya, FRii Bali Echo Beach Hotel telah tersertifikasi sebagai akomodasi pariwisata yang siap dan layak melayani tamu dengan protokol kesehatan baru.

Sertifikasi penerapan new normal ini merupakan program Dinas Pariwisata Bali dengan menggandeng asosiasi pariwisata seperti Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi selama pandemi Covid-19.



Tim Verifikasi Pariwisata Provinsi Bali yang melakukan proses verifikasi Program CHS (Cleanliness, Health, and Safety) yaitu Ni Nyoman Ayu Andriani, Made Mona Rosita, I wayan Sudhiana Utama, I Made Subrata, I Made Astika Parwata, dan I Nyoman Gede Suasta.

Tim tersebut didampingi oleh General Manager Moh Hasan Bisri beserta dengan jajaran manajemen hotel. Proses verifikasi ini dilakukan dengan menitik beratkan pada tiga aspek utama yaitu Produk, Pelayanan dan Pengelolaan.

Baca Juga: FRii Bali Echo Beach Hotel Juara 2020 Tripadvisor Travelers Choice Award

Dampak dari pandemi ini menjadikan aspek kebersihan menjadi aspek yang sangat diperhatikan. Diantaranya tempat mencuci tangan, tersedia hand sanitizer di tempat yang mudah terlihat oleh tamu maupun karyawan, tersedia alat pengukur suhu badan, himbauan penggunaan masker maupun protokol kesehatan yang lainnya, serta sistem pembayaran non tunai.

Untuk memastikan bahwa hotel dapat menjamin kualitas kebersihan dan keamanannya, manajemen hotel selalu melakukan pemeriksaan suhu tubih baik terhadap tamu yang masuk ke area hotel maupun terhadap karyawan yang di sesuaikan dengan SOP. Selalu pula dilakukan penyemprotan disinfekatan setiap 4 jam sekali serta menghindari sentuhan fisik pada saat melakukan pelayanan terhadap tamu hotel.



Baca Juga: Ingin Berlibur Akhir Tahun di Bali, 3 Hotel ini Bisa Jadi Pilihan

Selain itu, tata kelola operasional FRii Bali Echo Beach Hotel juga memperhatikan aspek pelestarian lingkungan, budaya, masyarakat sosial dengan tujuan agar kegiatan dapat selaras memperhatikan upaya berkelanjutan.

Contohnya dalam tata kelola restoran serta tingkat hunian kamar yang sesuai dengan aturan jaga jarak. Selain itu, juga memperhatikan penerapan konsep green hotel, tata kelola limbah cair, padat maupun food waste.

Menurut Moh Hasan Bisri, masa new normal atau adaptasi baru menjadi tantangan tersendiri bagi sektor perhotelan, termasuk juga dialami oleh FRii Bali Echo Beach Hotel. Meski demikian, terdapat peluang yang bisa dimanfaatkan tentunya dengan memperhatikan beberapa faktor yakni tingkat kreativitas yang tinggi, cepat beradaptasi, memilik inovasi, serta tanggap akan segala situasi. 

"Cara berpikir baru ini harus memperhatikan beberapa faktor yakni tingkat kreativitas yang tinggi, cepat beradaptasi, memilik inovasi, serta tanggap akan segala situasi. Dengan adanya beberapa kolaborasi ini diharapkan dapat menjadikan titik balik bangkitnya kembali industri pehotelan maupun industri yang lain dari masa sulit," katanya, kepada Sindonews, Senin (26/10).

Baca Juga: 1.311 Hotel dan Restoran di Bali Nunggak Pajak Ratusan Miliar



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!