TOPIK TERPOPULER

Percepat Layanan Gangguan, PLN Resmikan Command Center Pertama di Wilayah Timur

Suwarny Dammar
Percepat Layanan Gangguan, PLN Resmikan Command Center Pertama di Wilayah Timur
Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara, Syamsul Huda meresmikan Command Center Pertama di Wilayah Timur di PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Makassar Selatan, Senin (26/10/2020). Foto: Istimewa.

MAKASSAR - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Salah satunya adalah dengan meresmikan Command Center PLN Pertama di Wilayah Timur yakni Makassar.

Command Center ini diresmikan secara virtual oleh Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara, Syamsul Huda di PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Makassar Selatan, Senin (26/10/2020).



"Ini adalah salah satu terobosan baru untuk lebih maju dalam mempercepat pelayanan kepada masyarakat dengan berbasis teknologi informasi," kata Syamsul Huda, dalam sambutannya.

Dia menambahkan, ini adalah bagian dari proses transformasi PLN dalam rangka meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca Juga: Dukung Revolusi Hijau, PLN Berikan Bantuan 500 Bibit Pohon

General Manager PLN UIW Sulselrabar, Ismail Deu mengatakan, Command Center PLN (Anak Perusahaan PLN, Icon Plus) adalah pusat komando yang memerintahkan petugas pelayanan teknik terdekat dengan lokasi gangguan untuk menindaklanjuti pengaduan pelanggan.

"Hadirnya Command Center ini akan mempercepat penanganan gangguan atau keluhan pelanggan, karena pemberian penugasan berdasarkan pantauan realtime posisi petugas di aplikasi map display," terangnya.



Selain mempercepat response time, keunggulan dari Command Center adalah memudahkan kendaraan layanan teknik bergerak bebas dalam melayani pelanggan untuk dapat me-recovery gangguan dengan jangkauan area yang lebih luas dan cepat.

Command Center Makassar mencakup wilayah kerja PLN UP3 Makassar Selatan dan Makassar Utara dengan total pelanggan 596.806 Pelanggan.

"Command Center Makassar yang meliputi wilayah ULP Mattoanging, ULP Panakkukang, ULP Sungguminasa, ULP Karebosi serta ULP Daya dan kedepannya akan melingkupi wilayah ULP Takalar, ULP Maros serta ULP Pangkep," ujar Ismail.

Baca Juga: Peringati HLN, PLN Sukses Listriki Desa Wisata di Sinjai

Bersamaan dengan launching Command Center Makassar, pada kesempatan ini juga dilakukan peresmian PDKB Tim Berjarak (Metode PDKB yang menggunakan galah Isolasi) 20 KV PLN UP3 Palopo & Parepare.

Tim Pekerjaan Dalam Keadaaan Bertegangan (Tim PDKB) merupakan tim khusus PT PLN (Persero) yang terlatih melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian isolator, konduktor maupun komponen lainnya pada jaringan listrik.

Seperti namanya, mereka melakukan hal tersebut tanpa memadamkan aliran listrik atau masih dalam keadaan bertegangan. Hadirnya Tim PDKB merupakan bukti keseriusan PLN dalam menjaga kontinuitas dan mutu pelayanan listrik dalam mensuplai energi listrik ke pelanggan.

Baca Juga: Dukung UMKM, CSR PLN Bantu Pengembangan Pengelolaan Bank Sampah



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!