alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sumber Mikroplastik Terbesar Tersebar di Sekitar Kita

Kurniawan Eka Mulyana
Sumber Mikroplastik Terbesar Tersebar di Sekitar Kita
Air botolan adalah sumber mikroplastik yang sangat besar untuk tubuh, baik itu dalam botol kaca atau botol plastik. Jumlah partikel plastiknya hampir sama. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Air botolan adalah sumber mikroplastik yang sangat besar untuk tubuh, baik itu dalam botol kaca atau botol plastik. Jumlah partikel plastiknya hampir sama.

Dilansir Boldsky, botol plastik sekali pakai mengandung antara 2 hingga 44 partikel mikroplastik per liter, botol kaca juga memiliki tingkat yang sama.

Demikian juga, debu di rumah adalah faktor penyebab lainnya. Setiap tahun, debu ini menyebabkan kita mengonsumsi sekitar 70.000 partikel mikroplastik, dengan mengandalkan makanan yang disimpan di rumah.



Demikian juga, pembungkus plastik yang menutupi makanan juga merupakan kontributor keberadaan mikroplastik dalam tubuh.

Air minum dari botol plastik menyebabkan Anda mengonsumsi lebih banyak mikroplastik daripada mengonsumsi ikan, yang mengungkapkan kengerian di balik kenyataan kontaminasi mikroplastik global.

Mikroplastik adalah potongan sangat kecil dan mikroskopis dari plastik yang nyaris tidak terlihat oleh mata manusia. Karena plastik tidak dapat dibiodegradasi, plastik terurai menjadi partikel-partikel kecil seiring waktu.

Serat plastik berukuran kurang dari 0,2 inci (55 mm). Mikroplastik juga ditemukan dalam pengelupasan kulit dan tabung pasta gigi dalam bentuk microbeads.

Serabut plastik kecil di laut disalahartikan oleh ikan sebagai makanan, menghasilkan racun yang masuk ke dalam tubuh ikan.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada pemeriksaan kontaminasi mikroplastik pada bivalvia (sejenis moluska) di Tiongkok, mengungkapkan bahwa kerang dan tiram beresiko tinggi bila dibandingkan dengan makhluk laut lainnya.

Makanan laut yang digunakan untuk konsumsi manusia memiliki sekitar 0,36 hingga 0,47 partikel mikroplastik per gram.

Namun, mikroplastik ditemukan tidak hanya pada ikan yang kita makan tetapi juga pada daging lain dan makanan olahan.

Mikroplastik diyakini menjadi salah satu penyebab kanker dan beberapa penyakit lain, termasuk radang paruparu.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook