alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pasukan Suriah Bombardir Posisi yang Dikuasai ISIS

Kurniawan Eka Mulyana
Pasukan Suriah Bombardir Posisi yang Dikuasai ISIS
Pasukan Suriah yang didukung AS, mengklaim telah merebut 41 posisi yang dikuasai oleh Negara Islam Irak dan Levant dalam pertempuran sengit di Suriah timur. Foto: Ilustrasi/Istimewa

DAMASKUS - Pasukan Suriah yang didukung Amerika Serikat (AS), mengklaim telah merebut 41 posisi yang dikuasai oleh Negara Islam Irak dan Levant (ISIL, ISIS) dalam pertempuran sengit di Suriah timur.

Serangan militer dilakukan pada hari Minggu (10/2/2019), ketika Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin Kurdi, meluncurkan upaya terakhir untuk membersihkan daerah itu dari para pejuang ISIL, setelah 20.000 warga sipil dievakuasi dari daerah di provinsi Deir Az Zor, kata Mustafa Bali, seorang juru bicara SDF.

Bali mengatakan pertempuran sengit sedang berlangsung di dalam desa Baghouz pada hari Minggu. Dia tidak mengatakan berapa lama pertempuran itu diperkirakan berlangsung.



"Bentrokan itu ganas secara alami karena kelompok teroris mempertahankan benteng terakhirnya," katanya, seperti dilansir Aljazeera.

Diperkirakan 600 pejuang ISIL, kebanyakan dari mereka adalah orang asing, tetap berada di daerah itu dan tampaknya bersedia untuk bertarung sampai mati. "Antara 500 hingga 1.000 warga sipil juga diperkirakan berada di dalam," kata Bali.

"Jika kita dapat, dalam jangka waktu singkat, mengeluarkan warga sipil yang tersisa atau mengisolasi mereka, saya percaya bahwa beberapa hari mendatang akan menyaksikan akhir militer dari organisasi teroris di daerah ini," tambahnya.

Imran Khan dari Al Jazeera, melaporkan dari Gaziantep di perbatasan Turki, mengatakan ISIL melawan serangan gencar dengan alat peledak improvisasi.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), pemantau perang yang berbasis di Inggris, mengatakan pesawat koalisi dan artileri membombardir posisi ISIL.

"Pertempuran sedang berlangsung. Ada bentrokan berat pagi ini, dengan ranjau darat meledak," kata kepala SOHR Rami Abdel Rahman.

Didukung oleh serangan udara koalisi pimpinan AS, aliansi Kurdi-Arab dalam beberapa bulan terakhir memojokkan pejuang ISIL yang tersisa di sepetak terakhir wilayah di Deir Az Zor.

Presiden AS Donald Trump meramalkan bahwa ISIL akan kehilangan wilayah yang pernah dikuasainya di Irak dan Suriah pekan ini.

Namun, kelompok itu tetap ada di gurun Badia yang luas di Suriah, dan telah mengklaim serangkaian serangan mematikan oleh sel-sel yang tertidur di daerah-daerah yang dikuasai SDF.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads