alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Baku Tembak dengan Pasukan India, 5 Gerilyawan Kashmir Tewas

Kurniawan Eka Mulyana
Baku Tembak dengan Pasukan India, 5 Gerilyawan Kashmir Tewas
Lima gerilyawan Kashmir tewas dalam tembak-menembak dengan angkatan bersenjata India di Kashmir selatan pada hari Minggu (10/2/2019). Foto: Anadolu

SRINAGAR - Lima gerilyawan Kashmir tewas dalam tembak-menembak dengan angkatan bersenjata India di Kashmir selatan pada hari Minggu (10/2/2019).

"Berdasarkan masukan yang dapat dipercaya tentang keberadaan teroris di daerah Kellam di Devsar di Distrik Kulgam, operasi penjagaan dan operasi diluncurkan hari ini. Dalam pertemuan berikutnya, lima gerilyawan tewas dan mayat-mayat diambil dari lokasi tembak-menembak,” kata polisi dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Kantor Berita Turki, Anadolu.

Semua militan yang terbunuh telah diidentifikasi sebagai warga Kashmir setempat.



Dalam insiden terpisah, beberapa orang, termasuk tujuh anggota pasukan India, terluka dalam ledakan granat di kota Srinagar.

"Empat polisi, tiga personel paramiliter, dan empat warga sipil terluka dalam serangan granat itu," kata polisi.

Kashmir, wilayah Himalaya yang mayoritas penduduknya Muslim, dipegang oleh India dan Pakistan sebagian dan diklaim oleh keduanya secara penuh. Sepotong kecil Kashmir juga dipegang oleh Cina.

Sejak mereka dipartisi pada tahun 1947, kedua negara telah berperang tiga kali - pada tahun 1948, 1965 dan 1971 - dua dari mereka di Kashmir.

Juga, di gletser Siachen di Kashmir utara, pasukan India dan Pakistan telah berperang sesekali sejak 1984. Gencatan senjata diberlakukan pada tahun 2003.

Beberapa kelompok Kashmir di Jammu dan Kashmir telah berperang melawan pemerintahan India untuk kemerdekaan, atau untuk penyatuan dengan tetangga Pakistan.

Menurut beberapa organisasi hak asasi manusia, ribuan orang telah terbunuh dalam konflik di wilayah tersebut sejak 1989.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook