alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Di Pasar Terong Partisipasi Pemilih Sangat Rendah

Luqman Zainuddin
Di Pasar Terong Partisipasi Pemilih Sangat Rendah
Jajaran KPU kota Makassar saat melakukan sosialisasi di Pasar Terong. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tersisa 65 hari lagi. KPU kini gencar lakukan sosialisasi untuk mencapai target partisipasi masyarakat. Salah satu titik sosialisasi yang diprioritaskan adalah wilayah yang memiliki aktifitas niaga.

Di Makassar salah satu wilayah niaga yang menjadi sasaran KPU adalah pasar Terong, Kecamatan Bontoala. Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Makassar, Endang Sari mengungkap, bahwa tingkat partisipasi masyarakat di wilayah tersebut hanya 58.03 persen.

"Kenapa sosialisasinya di pasar Terong? Karena hasil pemetaan kami perkelurahan terkait partisipasi memilih pada Pilkada kemarin, kelurahan Tompo Balang (tempat pasar terong) angka partisipasi hanya 58,03 persen," tulis Endang kepada SINDOnews.



Pada saat rapat koordinasi dengan Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Bontoala, sambung Endang, pihaknya mendapati fakta, bahwa kesadaran pedagang untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 27 Juni 2018 lalu sangat rendah.

"Walaupun TPS (Tempat Pemungutan Suara) sudah ada di dekat tempat berdagang mereka, tapi lebih banyak pedagang yang memilih melanjutkan aktivitas jual beli dan tidak menggunakan hak pilihnya," kunci Endang.

Sementara itu, komisioner divisi partisipasi masyarakat dan SDM KPU Sulsel, Faisal Amir menjelaskan, jika pihaknya saat ini banyak fokus sosialisasi di wilayah-wilayah niaga, seperti pasar-pasar tradisional. Alasannya, karena di wilayah tersebut, memiliki partisipasi masyarakat yang cukup rendah.

"Kami sudah petakan. Bahwa, yang rendah, masyarakat yang berada di wilayah perniagaan, kemudian wilayah (kompleks) Ruko (Rumah Toko), kemudian masyarakat etnis. Itu semua relatif rendah partisipasinya," ucap Faisal saat ditemui di hotel Grand Asia Jl Boulevard, kemarin.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads