alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Reva Adi Jago di Bek Kiri, Bisa Main Sebagai Winger

Muhaimin Sunusi
Reva Adi Jago di Bek Kiri, Bisa Main Sebagai Winger
Reva Adi Utama. Foto : Istimewa

MAKASSAR - PSM memang memiliki sejumlah winger yang mumpuni. Selain cepat, mereka juga memiliki umpan krosing yang cukup baik. Mampu memanjakan sang target main di kotak pertahanan lawan.

Sebut saja M Rahmat, Zulham Zamrun, Saldi dan yang terbaru, Bayu Gatra. Kedalaman skuad ini membuat PSM tak terlalu sulit untuk melakukan rotasi pemain.

Hanya saja, ada saat di mana PSM tak bisa memaksimalkan seluruh wingernya untuk suatu pertandingan. Seperti masih terkena cedera, sehingga butuh pemulihan. Atau saat pemain tersebut tidak berada dalam performa terbaiknya.



Di sini lah kelebihan seorang Reva Adi Utama dimanfaatkan. Pemain berusia 22 tahun ini memiliki keunggulan bisa diplot sebagai winger dadakan.

Selain mampu menjaga pertahanan dari sisi sebelah kiri PSM, Reva juga bisa membangun serangan dari sisi yang sama. Pemain kelahiran Makassar, 1 September 1996 ini tak kalah hebat ketika menekan pertahanan lawan.

Kelebihan itu dia dapat saat masih mengenyam pendidikan di Malaysia. Bergabung bersama akademi sepak bola ternama, Frenz United sejak berusia 16 tahun, kemampuan Reva dimatangkan selama tiga tahun.

"Sudah dari dulu, waktu di Malaysia juga selama lima tahun sudah di posisi bek kiri. Tapi kadang-kadang, saya juga ditempatkan di sayap atau gelandang. Namun memang, lebih dominan di bek kiri," tuturnya.

Musim lalu, Reva pun pernah beberapa kali diplot sebagai winger dadakan. Bahkan, pemilik nomor punggung 5 ini lebih dipilih diturunkan ketimbang Heri Susanto dan Arsyad Yusgiantoro yang memang posisi aslinya ialah pemain sayap.

Tak tanggung-tanggung, saat bermain sayap, Reva mampu mencetak gol cantik kala PSM menang (4-1) di kandang Mitra Kukar pada (7/10/2018) lalu. Bahkan, lesatan itu menjadi salah satu gol terbaik versi Liga 1.

"Pas jadi winger, malah cetak gol (lawan Mitra Kukar). Pernah juga saat lawan Arema di putaran kedua, saya ditempatkan jadi winger," katanya.

Menatap musim depan, Reva optimis mampu menampilkan kembali permainan terbaiknya. Dia juga tak gentar untuk bersaing dengan Taufik Hidayat, bek kiri baru yang didatangkan dari Bali United.

Pria yang sebentar lagi akan melepas masa lajangnya mengaku, belum mau berpikir untuk mencari suasana baru selain di PSM. Pasalnya, usai mengenyam pendidikan di Malaysia, Juku Eja menjadi klub pertamanya sebagai pemain profesional.

"Saya belum mau berpikir untuk pergi dulu. Karena ini kan musim baru, haid saya mau fokus di PSM saat ini. Saya ingin memberikan penampilan terbaik saya untuk tim ini," harapnya.

Pengamat sepak bola, Faisal Maricar mengatakan alasan Reva sesekali diplot sebagai sayap kiri, lantaran memiliki krosing yang cukur akurat. Terlebih saat PSM menerapkan skema penyerangan long pass.

"Namun performanya masih kurang stabil. Sehingga kerap dibongkar pasang dengan Fauzan Jamal musim lalu," kata eks pemain PSM era perserikatan ini.

Sementara itu, Ketua Komunitas Dottoro Suporter (KDS), Dr Accang berharap penampilan Reva bisa lebih konsisten. "Semoga tahun ini bisa top performance, apalagi sekarang PSM kedatangan Taufik Hidayat di posisi kiri, persaingan jadi lebih kompetitif," tutupnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook