alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

ASN Soppeng Diduga Tidak Netral, Pengamat : Dia Terbukti Bersalah

Muhammad Irham Jaya
ASN Soppeng Diduga Tidak Netral, Pengamat : Dia Terbukti Bersalah
Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Soppeng diminta tegas memutus pelanggaran yang dilakukan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Sulsel, Muh Hasby Rasyad. Foto : Istimewa

WATANGSOPPENG - Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Soppeng diminta tegas memutus pelanggaran yang dilakukan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Sulsel, Muh Hasby Rasyad.

Salah satu pengamat politik Kabupaten Soppeng, Lukman Sardi mengatakan oknum ASN tersebut terbukti bersalah, sesuai dengan gambar yang beredar.

"Ini jelas terbukti bersalah dan oknum tersebut terbukti melakukan pelanggaran, disitu terbukti bahwa oknum tersebut mengeluarkan simbol untuk mendukung salah satu paslon capres dan ia mengeluarkan simbol tersebut bersama tim kampanye. Oleh karenanya, tidak ada alasan untuk Bawaslu dan Gakumdu untuk tidak menetapkan tersangka," tegas Lukman Sardi kepada SINDOnews.



Menurut Lukman, seharusnya ASN menjaga netralitas. Beberapa hal tidak boleh dilanggar diantaranya ASN dilarang mendeklarasikan diri sebagai calon kepala daerah, dilarang memasang spanduk promosi kepada calon, dilarang mendekati Parpol terkait dengan pungusulan dirinya atau orang lain menjadi calon.

Selanjutnya dilarang mengunggah, memberikan like, atau mengomentari dan sejenisnya serta menyebarluaskan gambar maupun pesan visi misi calon baik di media online atau media sosial, dilarang menjadi pembicara pada pertemuan Parpol, dilarang foto bersama calon, serta dilarang menghadiri deklarasi calon, baik itu dengan atau tanpa atribut Parpol.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Soppeng, Winardi mengaku tengah melakukan penyelidikannya kasus tersebut. "Kami sementara penyelidikan di Gakkumdu Soppeng," ujar Winardi, Senin (11/02/2019).

Kata Dia, Bawaslu Soppeng kemungkinan akan mendatangkan ahli bahasa, untuk mengkaji pelanggaran yang dilakukan
Muh. Hasby. Apabila bukti cukup kuat,
maka kasus yang ditangani Gakkumudu, akan dilimpahkan ke Polres Soppeng.

Sebelumnya Muh Hasbi diperiksa Gakkumdu karena postingannya di media sosial (medsos) diduga mengkampanyekan salah satu calon presiden, dengan simbol-simbol
tertentu.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads