alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kewalahan Layani Pelanggan, PDAM Butuh Instalasi Pengolahan Air

Herni Amir
Kewalahan Layani Pelanggan, PDAM Butuh Instalasi Pengolahan Air
Ilustrasi/SINDOnews

SUNGGUMINASA - Mamajemen Perusahaa Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Jeneberang Gowa, mengaku kewalahan dalam melayani pelanggan air bersih di daerah ini. Sehingga mereka menyebut meembutuhkan tambahan Instalasi Pengolahan Air (IPA).

Dirut PDAM Gowa Hasanuddin Kamal mengatakan, jumlah suplai air saat ini sangat kecil jika dibanding dengan pertumbuhan pelanggan.

"Jumlah pelanggan kita sudah 40.000. Kita memang sudah membutuhkan IPA berkapasitas produksi hingga 100 liter per detik agar semua pelanggan tercakupi," kata Hasanuddin, Senin (1/2/2019)



Saat ini lanjutnya, PDAM Tirta Jeneberang dibackup kapasitas produksi yang tak memadai. Selama ini unit pengolahan yang dimiliki hanya berkapasitas kecil melalui instalasi kota kecamatan (IKK) yang disebar di beberapa kecamatan yakni IKK Somba Opu, IKK Borongloe.

Selain itu, IKK Bilibili, IKK Pattallassang, IKK Pandang-pandang, IKK Pallangga, IKK Barombong, IKK Bontonompo, IKK Malino, IKK Limbung dan IKK Malakaji.

Dimana rata-rata produksi IKK hanya antara 60 liter per detik hingga paling terbawa 40 liter per detik. Sehingga ketika suplay air baku dari pipa air waduk Bilibili bermasalah, hampir seluruh IKK kekurangan pasokan air baku. Paling tinggi hanya 20 liter per detik.

Hal ini pula berimbas pada penghentian sambungan baru pada pelanggan reguler. Sebab cakupan Sungguminasa, Pallangga dan Barombong sudah overload.

"Tidak boleh ada tambahan pelanggan karena tidak bisa mencakupi lagi. Makanya kita akan bangun lagi IPA Borongloe 100 liter per detik. Rancangan desainnya sudah selesai, sisa tendernya," jelasnya.

Karena itu, sebelum IPA Borongloe berdiri, kapasitas produksi tidak memungkinkan ditambah, begitu juga pelanggan.
"Tadinya itu kita mau dapat jatah 200 liter dari Maminasata tapi sampai sekarang belum ada realisasi," katanya.

Dia menjelaskan, jika kapasitas produksi tidak ditambah maka akan bermasalah pada suplay air ke pelanggan. Contohnya daerah-daerah yang berbukit. Mereka baru bisa terlayani jika pelanggan yang ada di kawasan rendah teraliri.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads