Politani Pangkep Workshop Roadmap Penguatan Program Studi Teknik Kelautan

Selasa, 27 Oktober 2020 - 15:19 WIB
loading...
Politani Pangkep Workshop Roadmap Penguatan Program Studi Teknik Kelautan
Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Pangkep menggelar Workshop Roadmap Penguatan Program Studi Teknik Kelautan di Gedung Ipteks Prof Achmar Mallawa, kampus Politani Pangkep, Selasa (27/10/2020). Foto: Istimewa.
A A A
MAKASSAR - Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Pangkep menggelar Workshop Roadmap Penguatan Program Studi Teknik Kelautan di Gedung Ipteks Prof Achmar Mallawa, kampus Politani Pangkep, Selasa (27/10/2020).

Workshop ini merupakan rangkaian dari Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi (PPPTV) tahun 2020 yang berhasil dimenangkan Politani Pangkep .

Dalam sambutannya, Direktur Politani Pangkep, Dr Darmawan mengungkapkan, di kampus Politani terdapat sejumlah program studi (prodi) yang sangat potensial mendukung program pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Program studi tersebut yakni prodi Penangkapan Ikan, prodi Pengelolaan Pelabuhan Perikanan, serta prodi Teknik Kelautan.

Keberadaan prodi ini juga, lanjut Darmawan, semakin membanggakan sebab berhasil memenangkan hibah kompetisi yang paling prestisius dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI yaitu PPPTV senilai Rp1,4 miliar.

"Prodi Teknik Kelautan pada tahun ini memenangkan hibah kompetisi tersebut. Nah, salah satu output-nya adalah roadmap penguatan prodi Teknik Kelautan dengan bidang fokus pengembangan yaitu konstruksi bangunan pengaman pantai ini. Diharapkan bahwa prodi Teknik Kelautan dapat menjadi pilot project untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang ahli dalam bidang konstruksi bangunan pengaman pantai," jelas Darmawan.



Sementara itu, Sekretaris Deputi Kemaritiman dan Investasi, Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Kemenko, Dr Eng Lukijanto, yang hadir sebagai narasumber pada workshop tersebut, mengaku sangat mengapresiasi tekad Politani Pangkep untuk menjadi politeknik terdepan dalam program poros maritim. Ia pun berjanji akan mendukung tekad Politani tersebut.

Salah satu caranya yakni Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi dalam pengembangan SDM, memfasilitasi vocational trainings Politani Pangkep sebagai pendidikan tinggi vokasi.

Menurut Lukijanto, sebagai pemenang hibah vokasi, sudah saatnya Politani Pangkep melakukan sejumlah perubahan. Diantaranya, sesuai arah program vokasi tersebut yaitu soft infrastructure atau reformasi tata kelola pelabuhan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8272 seconds (0.1#10.140)