alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dinsos Makassar Bakal Miliki Pondok Sosial Tampung PMKS

Syachrul Arsyad
Dinsos Makassar Bakal Miliki Pondok Sosial Tampung PMKS
Keberadaan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) nampak di bawah jembatan Fly Over, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, beberapa waktu lalu. Foto : Muchtamir Zaide/SINDOnew

MAKASSAR - Dinas Sosial (Dinsos) Makassar bakal memiliki tempat penampungan masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Di tahun 2019 direncanakan akan dibangun lingkungan pondok sosial.

"Kami berkeinginan Makassar ini bebas anjal, dari gepeng segala macam," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinsos Makassar, Iskandar Lewa, Senin (11/02/2019).

Adapun anggaran pembangunannya kurang lebih Rp12,5 miliar berasal dari Dana Insentif Daerah (DID). Pondok sosial tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 5 hektare (ha) di kawasan Kecamatan Tamalanrea, Makassar.



Untuk itu, kata Iskandar Lewa, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) terkait dengan rencana pembangunan tersebut. Pasalnya anggaran pembangunan melekat di Dinas PU Makassar.

"Ini kami akan membicarakan dengan dinas PU terkait kelanjutannya. Karena semua itu dinas PU, namun pemanfaatannya diserahkan ke dinas sosial. Kami usahakan targetnya itu sudah mulai tahun 2019," sebut dia.

Dia menambahkan, rencana pembangunan lingkungan pondok sosial ini diharap mampu menekan keberadaan anak jalanan (jalanan), gelandangan dan pengemis (gepeng).

Apalagi belakangan ini para PMKS disebutnya hanya diberikan tindakan persuasif. Penindakan itu diakuinya belum maksimal memberikan efek jera.

"Kami berkeinginan anjal itu di-asseement, setelah itu dibawa ketempat penampungan dan kita berikan pembinaan. Sehingga keluar dari pondok sosial itu memiliki bakat dan keahlian. Itu yang akan kami lakukan," kunci Iskandar Lewa.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads