alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Rutan Pangkep Over Kapasitas, 1 Petugas Jaga 30 Napi

Muhammad Subhan
Rutan Pangkep Over Kapasitas, 1 Petugas Jaga 30 Napi
KARUTAN PANGKEP. Kapasitas Rutan Kelas IIB Pangkep melebihi ambang batas. Rutan ini berkapasitas huni 128 orang namun saat ini, jumlah penghuni narapidana sebanyak 345 orang. Foto: Muhammad Subhan/SINDOnews

PANGKEP - Kapasitas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Pangkep melebihi ambang batas. Rutan ini berkapasitas huni 128 orang namun saat ini, jumlah penghuni narapidana sebanyak 345 orang.

Ashari, Kepala Rutan Kelas IIB Pangkep yang terletak di Kampung Mattampa, Kelurahan Samalewa, Kecamatan Bungoro ini, mengatakan dengan jumlah tersebut, rutan Pangkep sesak.

Setiap kamar yang biasanya dihuni lima belas orang napi, saat ini setiap kamar dihuni hingga 30 napi.



"Saya sudah moratorium menerima napi pindahan dari daerah lain. Rutan sekarang over kapasitas," ucap Ashari, Selasa (12/2/2019).

Penetapan moratorium napi pindahan ini bukan tanpa alasan. Sebagian besar napi penghuni rutan Pangkep berasal dari luar alias pindahan dari rutan daerah lain di Sulsel.

Jumlah napi yang ada tersebut juga tidak sebanding dengan jumlah penjaga, yang hanya 28 orang. Mereka terbagi dalam 3 shift kerja.

"Jumlah pegawai 54 orang. Setengahnya sebagai staf kantor dan sisanya adalah penjaga. Jelas ini tidak sebanding dengan rasio ideal yaitu satu penjaga untuk 15 napi. Kami disini sekarang satu penjaga menjaga 30 napi," lanjutnya.

Seorang napi yang sudah 2,5 tahun menghuni Rutan Pangkep, Alfian mengaku kondisi rutan saat ini lebih ramai jika dibandingkan saat dia pertama kali masuk.

"Iye lebih banyak sekarang. Setahun terakhir ini banyak tambahan kuliat," ujarnya.



(kem)

Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads