83 Warga di Walenrang Barat Dapat Layanan Kesehatan Dokter Ahli

Selasa, 27 Oktober 2020 - 19:31 WIB
loading...
83 Warga di Walenrang Barat Dapat Layanan Kesehatan Dokter Ahli
Sebanyak 83 warga di wilayah terpencil tepatnya di Desa Lempe Kecamatan Walenrang Barat mendapat layanan kesehatan gratis dari dokter ahli penyakit dalam, Selasa (26/10/2020). Foto: SINDOnews/Chaeruddin
A A A
LUWU - Sebanyak 83 warga di wilayah terpencil tepatnya di Desa Lempe, Kecamatan Walenrang Barat, Kabupaten Luwu mendapat layanan kesehatan gratis dari dokter ahli penyakit dalam , Selasa (27/10/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu dengan menggandeng dokter ahli penyakit dalam yakni dr Toto yang saat ini bertugas di RSUD Batara Guru , Belopa.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu , dr Makhdur menyebutkan, pelayanan kesehatan gratis khusus penyakit dalam seperti Walenrang Barat merupakan yang kesekian kalinya dilaksanakan tahun ini.



"Alhamdulillah, kegiatan ini sudah berjalan sejak awal tahun kemarin. Kemarin kami di Walenrang Barat sebelumnya telah kami lakukan hal yang sama bagi masyarakat di daerah terpencil lainnya seperti Bastem dan Bastem Utara dan Latimojong," ujarnya.

Dikatakan Kadinkes, Dinas Kesehatan sengaja menjalankan satu layanan kesehatan gratis dengan mendatangi warga ke kampung-kampung hingga wilayah terpencil.

Hal ini kata dia, dimaksudkan agar seluruh masyarakat benar-benar mendapat layanan kesehatan dari dokter ahli dan di sisi lain, pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan bisa mengidentifikasi tingkat kesehatan masyarakat, khususnya penyakit dalam.

"Semua kita berikan layanan pemeriksaan secara gratis. Seperti pengecekan tekanan, pemeriksaan golongan darah, pengecekan gula, pemeriksaan suhu tubuh, pemeriksaan kondisi paru-paru, pemeriksaan gejala ginjal, jantung dan lain-lain," ujarnya.

Selain pemeriksaan di atas, khusus bagi warga yang tinggal di wilayah terpencil, Dinas Kesehatan juga beberapa kali melaksanakan kegiatan sunatan massal.

"Seperti amanah Pak Bupati untuk tidak melupakan kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat termasuk yang tinggal di wilayah terpecil. Seperti kata Pak Bupati, jika perlu petugas kesehatan yang rutin mendatangi mereka, melakukan pengecekan kesehatan dan jangan memungut biaya pemeriksaan," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0970 seconds (0.1#10.140)