alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tatap Musim 2019, Arfan Bertekad Kembali ke Performa Terbaiknya

Muhaimin
Tatap Musim 2019, Arfan Bertekad Kembali ke Performa Terbaiknya
Gelandang PSM Makassar, M Arfan (tengah). Foto : Istimewa/Manajemen PSM Makassar

MAKASSAR - Musim 2018 nampaknya bukan tahun terbaik bagi M Arfan. Performa gelandang muda PSM Makassar ini meredup. Dia seolah kesulitan menembus posisi starter di PSM Makassar.

Malahan dia lebih kerap dimainkan sebagai pemain pengganti. Lebih tepatnya, sebagai alternatif gelandang lainnya yakni, Marc Klok, Rizky Pellu dan Rasyid Bakri.

Di musim lalu, Arfan hanya diturunkan sebanyak 11 laga, delapan kali starter dan mengemas 655 menit bermain. Catatan ini tentu menurun, jika dibandingkan dengan musim sebelumnya.



Padahal sejak bergabung bersama PSM Makassar pada 2017 lalu, pemain kelahiran 24 April 1997 itu tak kesulitan menembus skuad inti. Dia bahkan mampu membuat legenda hidup Syamsul Chaeruddin menjadi penghangat bangku cadangan.

Total Arfan diturunkan sebanyak 28 pertandingan, 19 menjadi starter dan mengemas 1521 menit bermain. Angka itu dua kali lebih banyak dibanding musim 2018 lalu.

"Kalau untuk persaingan, kita memang bersaing secara sehat dan biarkan pelatih yang menilai. Dan semoga tahun ini, saya bisa berkontribusi lebih bagi tim,” ungkapnya kepada SINDOnews, Selasa (12/02/2019).

Di tahun 2019 ini, dia bertekad kembali ke top performanya menjadi target individu. Baik merebut kembali posisinya di PSM Makassar, juga di skuad Garuda.

"Semua pemain bercita-cita mau main di timnas, tapi itu tergantung usaha kita bagaimana supaya bisa sampai kesana. Saya siap bekerja keras, untuk kembali menembus timnas," sebutnya.

Pengamat sepak bola, Faisal Maricar tak menampik kualitas Arfan. Dia yakin penampilan mantan kapten PSM U-21 itu bisa kembali ke top performa seperti sebelumnya.

"Arfan punya kualitas, punya skill. Apalagi usianya yang masih tergolong muda dan sedang matang-matangnya. Karena itu, dia sebenarnya tidak terlalu sulit untuk kembali ke performa terbaiknya, andai diberi kesempatan banyak," paparnya.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads