alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ribuan Peserta Ikuti Pawai Budaya Sambut HUT Parepare Ke-59

Darwiaty Dalle
Ribuan Peserta Ikuti Pawai Budaya Sambut HUT Parepare Ke-59
PESERTA PAWAI BUDAYA. Ribuan peserta dari ratusan kelompok mengikuti pawai budaya yang digelar Dinas Pendidikan Parepare, dalam rangka perayaan HUT Parepare yang ke-59, Kamis. Foto: Darwiaty Dalle/SINDOnews

PAREPARE - Ribuan peserta dari ratusan kelompok mengikuti pawai budaya yang digelar Dinas Pendidikan Parepare, dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Parepare yang ke-59, Kamis (14/2).

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Parepare, Kadarusman Mangurusi, mengatakan, selain untuk menyemarakkan HUT Parepare mendatang, kegiatan sekaligus sebagai upaya pemerintah memelihara dan melestarikan budaya yang merupakan kearifan lokal daerah.

Menurutnya pawai budaya tahunan tersebut, diikuti 134 kelompok, yang berasal dari pelajar tingkat dasar hingga menengah atas yang ada di Parepare. Pelepasan peserta, kata dia, dilakukan Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe, didampingi Wawali Parepare Pangerang Rahim. "Titik kumpul dan pengaturan barisan di depan SMPN 9. Sedangkan pelapasannya di depan Swalayan Cahaya Ujung lama," katanya.



Peserta yang ikut dalam pawai budaya, mengenakkan pakaian adat daerah maupun nusantara. Momentum tersebut, tambahnya, juga elestarikan dan memelihara budaya daerah maupun budaya nusantara yang tentunya berpijak pada Bhineka Tunggal Ika. "Masyarakat Parepare cukup kompleks dan berasal dari berbagai etnis. Sehingga Parepare bisa dikatakan sebagai miniatur budaya Indonesia," ujarnya.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook