Cek Yuk, 7 Kebiasaan untuk Rutinitas Pagi yang Sehat

Kamis, 29 Oktober 2020 - 08:11 WIB
loading...
Cek Yuk, 7 Kebiasaan untuk Rutinitas Pagi yang Sehat
Rutinitas pagi membuat Anda siap untuk menghadapi tantangan setiap hari. Beberapa rutinitas pagi yang sehat bisa jadi mengubah hidup Anda. Foto: Istimewa.
A A A
MAKASSAR - Rutinitas pagi membuat Anda siap untuk menghadapi tantangan setiap hari. Jika Anda bangun secara tergesa-gesa, Anda mungkin merasa panik dan tidak siap untuk melakukan pekerjaan. Jika Anda mengikuti serangkaian kebiasaan sehat dan memberikan energi pada tujuan pribadi, Anda mungkin lebih termotivasi untuk memberikan yang terbaik pada hari-hari Anda. Berikut ini beberapa rutinitas pagi sehat yang bisa jadi mengubah hidup Anda.

1. Ubah Kebiasaan Mematikan Alarm
Rutinitas yang pertama ini adalah yang paling sulit dilakukan. Seorang ahli menyebut bahwa menahan diri untuk tidak mematikan alarm adalah permainan mental yang hebat. Jika Anda sekali dua kali saja mampu menahan diri untuk tidak mematikan alarm dan segera bangun dari tempat tidur, maka secara perlahan Anda akan terbiasa.

2. Meminum Air Lemon
Ketika kita tidur, tubuh kita tidak mendapatkan cairan yang cukup, jadi penting untuk menjaga dehidrasi di pagi hari. Air adalah bagian penting dari kehidupan, tubuh kita 60% adalah air, dan otak kita adalah 75% air. Anda bisa menyimpan sebotol air di dekat tempat tidur sehingga Anda tidak mungkin lupa untuk meminumnya pada pagi hari. Menambahkan lemon ke dalam air akan membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar.

3. Olahraga
Bangun dan berolahragalah! Anda tidak perlu berlari sejauh 5 km, kecuali itu sudah menjadi bagian dari rutinitas Anda! Yang dibutuhkan hanyalah 5-10 menit olahraga ringan untuk meningkatkan detak jantung dan motivasi Anda.



4. Mandi Air Dingin
Banyak diantara kita yang tidak terbiasa menggunakan air dingin ketika mandi pada pagi hari, padahal mandi dengan air dingin membawa banyak manfaat. Diantaranya memperlancar sirkulasi darah dan meningkatkan kekebalan tubuh, nyeri otot dan pegal linu cepat pulih, dan lain-lain.

5. Menikmati Sarapan Sehat
Jika Anda pernah mencoba menangani tugas-tugas rumit dengan perut kosong, Anda pasti tahu pentingnya makanan sehat di pagi hari. Sehat tidak berarti berat, jadi tidak perlu makan makanan lengkap ala restoran dan sebagainya. Mulailah dengan bahan-bahan sederhana yang penuh nutrisi seperti pisang, kacang-kacangan, sayuran hijau, alpukat, dan oat. Jika Anda biasanya mengonsumsi produk hewani untuk setiap kali makan, tantang diri Anda untuk menikmati sarapan nabati. Ingat, tubuh yang diberi nutrisi memastikan asupan bahan bakar untuk hari besar mendatang.



6. Mengatur Pernapasan
Luangkan waktu 5 menit untuk hanya fokus pada pernapasan Anda. Anda bisa melakukan ini sambil berdiri atau duduk, tidak masalah. Bagian terpentingnya adalah melatih pikiran Anda untuk hanya fokus pada satu tugas. Ini jauh lebih sulit daripada kedengarannya, tapi ini hanya 5 menit. Seiring waktu, ini akan sangat bermanfaat bagi pikiran dan suasana hati Anda.

7. Tinjau Target Anda
Pernahkah Anda mendapati diri Anda bertanya-tanya mengapa Anda begitu lelah tetapi tidak membuat kemajuan apa pun dalam tujuan dan target Anda? Kita semua pernah. Salah satu cara untuk menyiasati kesibukan adalah dengan meninjau kembali tujuan Anda selama 5 menit setiap pagi. Hal-hal kecil yang kita ubah bisa jadi menarik kita ke jutaan arah yang berbeda.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4005 seconds (0.1#10.140)