BPBD Gowa Ingatkan Masyarakat Waspada Cuaca Buruk

Kamis, 29 Oktober 2020 - 16:26 WIB
loading...
BPBD Gowa Ingatkan Masyarakat Waspada Cuaca Buruk
Ilustrasi. Foto: SINDOnews
A A A
GOWA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa mengimbau masyarakat agar selalu waspada serta tanggap menghadapi cuaca buruk yang diperkirakan terjadi pada bulan Oktober hingga April 2021.

Kepala BPBD Kabupaten Gowa , Ikhsan Parawansa mengatakan, sesuai informasi yang diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), musim hujan akan dimulai bulan ini.

"Jadi kami kami ingatkan masyarakat tetap waspada dan menjaga kebersihan lingkungan dan tempat tinggal, sebab hujan deras dan lebat serta angin kencang berpotensi dapat terjadi kapan saja," ungkapnya, Kamis (29/10/2020).



Selain itu, ia juga mengingatkan kalau puncak intensitas atau curah hujan tinggi diperkirakan terjadi pada awal tahun depan atau bulan Januari 2021.

"BMKG merilis secara real time kepada kami informasi tentang perkiraan cuaca yang terjadi di Sulawesi Selatan dan terkhusus di wilayah Kabupaten Gowa. Puncak intensitas curah hujan yang tinggi itu terjadi pada bulan Januari 2021, jadi masyarakat perlu waspada akan cuaca buruk ," jelasnya.

Dampak jika terjadi curah hujan yang tinggi kata Ikhsan dapat menimbulkan genangan air, bahkan banjir jika masyarakat tidak menjaga kebersihan lingkungan dan tempat tinggal mereka. Karena itu, masyarakat diminta membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan saluran air.

Sementara itu, memasuki musim hujan yang berpotensi angin kencang dan pohon tumbang, pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH ) membuat posko pengaduan bencana.

Kadis DLH , Azhari Azis mengungkapkan, posko bencana ini akan melayani laporan masyarakat yang berhubungan dengan DLH, mulai dari pohon tumbang, pohon yang berpotensi tumbang, hingga penyumbatan drainase atau saluran yang diakibatkan oleh sampah.

"Jadi mulai hari ini kita membuka posko pengaduan. Ini kita lakukan karena sudah masuk musim hujan yang kita tidak bisa prediksi kapan terjadinya bencana seperti pohon tumbang. Sehingga melalui posko ini setidaknya bisa meminimalisir kemacetan, bencana jika segera diketahui dan ditindaki," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2009 seconds (0.1#10.140)