alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pence Minta UE Akui Juan Guaido Jadi Presiden Sementara Venezuela

Agus Nyomba
Pence Minta UE Akui Juan Guaido Jadi Presiden Sementara Venezuela
Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence saat berpidato di Konferensi Keamanan Munich. Foto: Istimewa

MUNICH - Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence, meminta Uni Eropa (UE) harus mengakui Juan Guaido sebagai Presiden Sementara Venezuela.

Hal ini diutarakan Mike Pence saat berbicara dalam piatonya pada di Konferensi Keamanan Munich, Sabtu, (16/02/2019).

Ia mengatakan Uni Eropa harus mengakui Guaido sebagai pejabat meskipun sementara - pemimpin negara Amerika Selatan yang terkepung, sampai pemilihan presiden resmi yang baru dapat diadakan.



Sementara Kanselir Jerman Angela Merkel menyampaikan pidato pada hari ke-2 Konferensi Keamanan Munich ke-53 di Munich, Jerman Selatan, pada 18 Februari 2017.

Pernyataan Pence tampaknya merupakan peringatan terselubung terhadap seluruh blok ekonomi, yang bertentangan dengan proses diplomatik tradisional negosiasi dengan negara-negara secara individual.

Presiden Republik berikutnya yang menjadi presiden AS menyatakan bahwa presiden sementara Guaido di Venezuela harus diakui oleh "seluruh dunia" sambil menyerukan agar Presiden Nicolas Maduro saat ini mengundurkan diri.

Maduro telah menentang upaya masyarakat internasional yang dipimpin oleh AS - untuk melepaskan kendali militer negara itu dan menyingkir menghadapi faktor ekonomi yang melumpuhkan termasuk kelaparan, kehilangan pekerjaan, penghentian infrastruktur, dan oposisi politik yang keras.

"Sudah waktunya bagi seluruh dunia untuk melangkah maju, dunia lama dapat mengambil sikap mendukung kebebasan di dunia baru," kata kata Pance yang dikutip di Reuters.

"Kami menyerukan Uni Eropa untuk melangkah maju demi kebebasan dan mengakui Juan Guaido sebagai satu-satunya presiden Venezuela yang sah," kata Pence.

Pidato Wakil Presiden AS di Munich - yang mencakup anjuran untuk meningkatkan pengeluaran militer dan memuji Presiden AS Donald Trump.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads